Landbank.co.id
Beranda Nasional Ratusan Pengembang dari 22 Negara Kumpul di Jakarta, Bahas Investasi di IKN

Ratusan Pengembang dari 22 Negara Kumpul di Jakarta, Bahas Investasi di IKN

Para pelaku usaha global, termasuk pengembang properti terus melirik peluang investasi di IKN atau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur/foto: landbank.co.id

Jakarta, landbank.co.id – Para pelaku usaha global, termasuk pengembang properti terus melirik peluang investasi di IKN atau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Sederet prasyarat mencuat guna menggairahkan investasi di IKN. Investor asing mengaku butuh dukungan kepastian regulasi, kemitraan serta kepercayaan yang terjalin bersama pemangku kepentingan setempat.

Beragam sudut pandang terkait investasi di IKN tersebut terangkum dari pernyataan sejumlah delegasi peserta FIABCI Trade Mission 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa, 19 September 2023.

“Selain aspek regulasi untuk kepastian usaha, hal terpenting lainnya adalah faktor kepercayaan yang harus dapat terbangun antarseluruh pemangku kepentingan. Kepercayaan antara pelaku usaha dengan pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah perlu terjalin secara baik,” ujar Sekretaris Jenderal FIABCI Narek Arakelyan, dalam siaran pers hasil konferensi pers Federation Internationale des Administrateurs de Biens Conseils Immobilieners (FIABCI) di Hotel Raffles Jakarta, Selasa, 19 September 2023.

Menurut Narek, dengan tumbuhnya kepercayaan antarpemangku kepentingan akan memudahkan realisasi pengembangan IKN.

“Apabila sudah ada kepercayaan itu, maka anda pasti dapat mengembangkan kota-kota, komunitas bisa tumbuh dengan baik dan kita bisa bekerja sama dalam membangun semua itu,” ucapnya.

Baca Juga:  Survei Bank Indonesia Terbaru, 75,50% Pembelian Rumah Pakai KPR

Federation Internationale des Administrateurs de Biens Conseils Immobilieners (FIABCI) World President Budiarsa Sastrawinata mengatakan, misi dagang yang diadakan ini merupakan suatu tradisi yang sudah berlangsung sejak lama. “Setiap FIABCI World President yang baru menjabat harus menyelenggarakan forum misi dagang di negara asalnya. Dalam FIABCI Trade Mission 2023 ini berkumpul ratusan pelaku usaha realestat dan properti dari 22 negara dengan rekam jejak kegiatan usaha yang sudah terbukti. Mereka datang ke Jakarta guna membahas berbagai peluang bisnis properti, termasuk potensi investasi di IKN,” ujar Budiarsa.

Ajakan untuk berinvestasi di proyek IKN dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara kunci dalam The Forum FIABCI Trade Mission.

Menurut Airlangga, pengembangan IKN menjadi salah satu proyek properti terbesar saat ini. Apalagi, tidak ada pembangunan proyek ibu kota negara yang dikembangkan dalam 5 hingga 10 tahun mendatang. “Ini adalah satu-satunya peluang, ibu kota baru di pusat negara berpopulasi 270 juta jiwa. Anggota FIABCI bisa ikut berinvestasi di ibu kota baru,” ujarnya.

Halaman: 1 2

Iklan