Landbank.co.id
Beranda Gaya Hidup Profil Rahmat Erwin Abdullah dan Daftar Prestasi Terbaru

Profil Rahmat Erwin Abdullah dan Daftar Prestasi Terbaru

Rahmat Erwin Abdullah (tengah) membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di ajang Asian Games 2022, Hangzhou, China, Selasa, 3 Oktober 2023/foto: rcti

Jakarta, landbank.co.id– Profil Rahmat Erwin Abdullah menjadi perbincangan ketika ia membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di ajang Asian Games 2022, Hangzhou, China, Selasa, 3 Oktober 2023.

Rahmat Erwin Abdullah merebut medali emas cabang olah raga angkat besi di kelas 73 kilogram (kg) Asian Games 2022.

Medali yang direngkuh lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menambah jumlah akumulasi medali emas yang diperoleh tim Indonesia di Asian Games 2022 menjadi lima pada hari itu.

Kantor berita Antara melaporkan, Rahmat mencatatkan total akumulasi angkatan 359 kilogram, Selasa.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, Rahmat mencatatkan angkatan terbaik untuk snatch seberat 158 kilogram, dan angkatan terbaik clean and jerk seberat 201 kilogram.

Medali perak jatuh kepada Wichuma Weeraphon asal Thailand dengan total angkatan terbaik 351 kilogram, sedangkan medali perunggu menjadi milik Kumthaek Oh asal Korea Utara dengan total angkatan terbaik 334 kilogram.

Angkatan clean and jerk Rahmat seberat 201 kilogram sekaligus juga memecahkan rekor Asian Games.

Anak muda kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 13 Oktober 2000 itu sungguh membanggakan Indonesia. Prestasinya tidak main-main, sudah mendunia.

Anak dari pasangan Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono ini telah mendulang 13 medali emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Khusus untuk perunggu, ia mendulangnya di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Sebuah ajang yang ia idam-idamkan. Ingin merebut medali emas di Olimpiade adalah impian banyak atlet.

“Saya merasa senang untuk Olimpiade tahun depan (2024). Saya berharap kondisi saya sangat prima saat itu. Mungkin saya bisa mencapai prestasi tertinggi dalam angkat besi di Olimpiade,” ujar Rahmat dikutip Olympics.com, 17 Mei 2023.

Rahmat Erwin Abdullah bersama sang ayah, Erwin Abdullah/foto: instagram erwinabdullah74

Pepatah yang menyebutkan bahwa ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’ amat tepat disematkan ke Rahmat.

Ia lahir dari keluarga angkat besi. Sang ayah, Erwin Abdullah adalah peraih medali perak cabang olah raga angkat besi di Asian Games 2002. Lalu, sang ibu, Ami Asun Budiono merupakan peraih medali emas SEA Games 1995 di cabang olah raga yang sama.

Tak heran, jika Rahmat sejak kelas 1 sekolah dasar telah berkenalan dengan angkat besi. Ia dilatih oleh sang ayah, sedangkan asisten pelatih adalah ibunya sendiri.

Rahmat punya catatan rekor dunia untuk angkatan clean and jerk di kelas 73 kg putra di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia.

“Satu hal yang kita pelajari dari Rahmat adalah dia adalah salah satu atlet paling profesional di Indonesia; dia sangat disiplin. Saat dia bangun dan tidur, dengan makanan dan pola makannya, dia adalah teladan,” ujar Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia 2019-2023 dikutip Olympics.com.

Berikut ini daftar prestasi Rahmat Erwin Abdullah;

Halaman: 1 2

Iklan