Landbank.co.id
Beranda Residensial IKN Nusantara Dibangun, Permintaan Hunian di Kota Penyangga Meningkat

IKN Nusantara Dibangun, Permintaan Hunian di Kota Penyangga Meningkat

Pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan mengakselerasi sektor residensial, perkantoran hingga perdagangan/foto: kementerian pupr

Jakarta, landbank.co.id – Keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) akan mengakselerasi sektor residensial, perkantoran hingga perdagangan, kata salah satu pengembang properti di Indonesia.

“Keberadaan IKN Nusantara akan semakin mengakselerasi sektor residensial, perdagangan, dan perkantoran di wilayah ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) The Premiere Hills Paul Christian, dalam keterangan di Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Paul Christian menuturkan, permintaan terhadap properti diproyeksikan meningkat drastis seiring dengan progress pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

“Tingginya populasi di wilayah Kalimantan Timur akan mendorong permintaan terhadap hunian di IKN dan kota–kota penyangga, salah satunya Samarinda,” tuturnya dikutip Antara.

IkuKesigapan dan keseriusan pemerintah melalui pembangunan infrastruktur dasar di Kalimantan Timur secara otomatis akan mempengaruhi jumlah populasi yang diharapkan akan terus meningkat di IKN. Wilayah Samarinda dapat menjadi tujuan investasi baru sebagai kota bisnis dan pariwisata di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), IKN diproyeksikan memiliki populasi mencapai 1,9 juta jiwa pada 2045. Hal tersebut juga diikuti tingginya permintaan terhadap properti di Kaltim yang direfleksikan dengan terus tumbuhnya harga properti di Samarinda.

Mengacu pada Survei Harga Properti Residensial Triwulan II-2023 yang dipublikasikan Bank Indonesia, kenaikan harga properti residensial di Samarinda sebesar 1,18% atau tumbuh 0,16% secara tahunan (year on year) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Terus naiknya harga properti di Samarinda tentunya tidak dapat dipisahkan dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur. Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur pada kuartal II-2023 mencapai 6,84 persen secara tahunan (year on year) dibandingkan dengan kuartal II-2022 yang hanya mencapai 3,62 persen.

Secara regional, kinerja ekonomi Kaltim merupakan yang tertinggi dibandingkan empat provinsi lain dengan kontribusi sebesar 47,14% dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kalimantan. Kinerja ekonomi Kaltim juga lebih tinggi dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,12% pada Kuartal II-2023.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mengajak para pengembang perumahan untuk segera berinvestasi dalam proyek pembangunan perumahan di IKN Nusantara.

Halaman: 1 2

Iklan