Landbank.co.id
Beranda Nasional Ini Kata BI Soal Insentif bagi Sektor Perumahan

Ini Kata BI Soal Insentif bagi Sektor Perumahan

Bank Indonesia menyampaikan bahwa kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial juga diarahkan untuk mendorong sektor perumahan/foto: modernland

Jakarta, landbank.co.id– Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menyampaikan bahwa kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) juga diarahkan untuk mendorong sektor perumahan yang saat ini mempunyai potensi besar.

“Jadi biasanya kalau ekonomi pulih itu yang bergerak pertama sektor properti. Jadi kami masih melihat sektor properti masih ada ruang tumbuh besar sehingga kita memberikan insentif,” kata Destry dalam Seminar Kebijakan Insentif Likuditas Makroprudensial untuk Kredit/Pembiayaan Sektor Perumahan di Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023.

Dalam sektor perumahan, Destry menjelaskan bahwa kinerja kredit pemilikan rumah (KPR) menunjukkan pertumbuhan yang positif mencapai 10% secara tahunan (year on year/yoy) per Agustus 2023. Angka tersebut naik dibandingkan akhir 2022 yang tercatat sebesar 8,17%.

Pangsa pasar terbesar KPR berasal dari rumah tipe menengah atau tipe 21-70, sementara untuk kontribusi terbesar pertumbuhan berasal dari rumah tipe >70.

Baca Juga:  Kenaikan Suku Bunga Acuan Dinilai Tidak Terlalu Memengaruhi KPR

KPR merupakan kontributor tertinggi dari angka pertumbuhan tersebut, dengan generasi muda menjadi motor pertumbuhan kredit konsumsi, yaitu tumbuh secara tahunan sebesar 17,18% per Agustus 2023. Di tengah tren penurunan kredit konsumsi pada generasi lainnya.

(*)

Iklan