Landbank.co.id
Beranda Residensial Begini Properti Pilihan Gen Y dan Gen Z dari Kaca Mata Bank Indonesia

Begini Properti Pilihan Gen Y dan Gen Z dari Kaca Mata Bank Indonesia

BI menyatakan bahwa dari sisi permintaan, ada peluang pembiayaan perumahan yang didorong oleh peningkatan permintaan KPR dari populasi Gen Z/foto: landbank.co.id

Jakarta, landbank.co.id– Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa dari sisi permintaan, terdapat peluang pembiayaan perumahan yang didorong oleh peningkatan permintaan kredit pemilikan rumah (KPR) dari populasi Gen Z dan Milenial, khususnya menyasar pada tipe rumah menengah dengan kisaran harga rumah kurang dari Rp500 juta.

“Kami juga coba untuk melihat data, ternyata kita sekarang secara demografi muda, 70-an persen penduduk Indonesia adalah usia muda, Gen Y dan Z. Ini kita lihat Gen Y masuk ke 40 (persen) itu usia produktif, ternyata kelompok-kelompok ini, mereka menyasar tipe rumah 21-70 dengan harga kurang lebih Rp500 juta,” ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti di Jakarta, dikutip Antara, Rabu, 4 Oktober 2023.

Destry Damayanti menjelaskan, dengan melihat pola konsumsi masyarakat saat ini, ia yakin sektor perumahan memiliki peluang besar untuk terus bertumbuh di tengah ketidakpastian ekonomi.

Destry menjelaskan bahwa kinerja kredit pemilikan rumah (KPR) menunjukkan pertumbuhan yang positif mencapai 10% secara tahunan (year on year/yoy) per Agustus 2023. Angka tersebut naik dibandingkan akhir 2022 yang tercatat sebesar 8,17%.

Baca Juga:  Mengenal Parama Residence, Perumahan di Bogor dengan High Ceilling 4 Meter

Pangsa pasar terbesar KPR berasal dari rumah tipe menengah atau tipe 21-70, sementara untuk kontribusi terbesar pertumbuhan berasal dari rumah tipe >70.

KPR merupakan kontributor tertinggi dari angka pertumbuhan tersebut, dengan generasi muda menjadi motor pertumbuhan kredit konsumsi, yaitu tumbuh secara tahunan sebesar 17,18% per Agustus 2023. Di tengah tren penurunan kredit konsumsi pada generasi lainnya.

(*)

Iklan