Landbank.co.id
Beranda Nasional Salurkan KPR Rp450 Triliun, BTN Optimistis Sektor Properti Tumbuh Pesat

Salurkan KPR Rp450 Triliun, BTN Optimistis Sektor Properti Tumbuh Pesat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) optimistis sektor properti di Indonesia terus bertumbuh pesat di tengah masih tingginya backlog perumahan/foto: btn

Jakarta, landbank.co.id– PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) optimistis sektor properti di Indonesia terus bertumbuh pesat di tengah masih tingginya backlog perumahan.

Terdapat sejumlah faktor yang membuat PT Bank Tabungan Negara Tbk optimistis. Salah satunya, karena rasio kredit pemilikan rumah (KPR) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih tertahan di angka 3 persen, jauh di bawah negara-negara tetangga di ASEAN.

Mengutip materi paparan publik PT Bank Tabungan Negara Tbk, di ASEAN, rasio KPR terhadap PDB paling tinggi ditorehkan oleh Singapura, yakni 44,8 persen.

Lalu, Malaysia sebesar 38,4 persen, Thailand 22,3 persen, Filipina 3,8 persen.

Faktor lain yang membuat optimisme pasar properti bertumbuh, kata manajemen BTN, masih terdapat 12,7 juta keluarga yang belum memiliki rumah dan 1,8 juta pernikahan baru setiap tahunnya.

Selain itu, diperkirakan terdapat tambahan 77 juta orang Indonesia yang akan digolongkan sebagai segmen berpendapatan menengah pada 2025. Hal ini ditopang pula dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia di berbagai aspek.

Baca Juga:  MBR Sektor Informal Dapat Bantuan Rumah Tahan Gempa

Sementara itu, selama 47 tahun menyalurkan KPR, BTN telah mewujudkan impian sekitar 5,6 juta masyarakat Indonesia beserta keluarganya memiliki hunian yang layak dengan nilai pembiayaan sekitar Rp470 triliun.

Nixon LP Napitupulu mengatakan bahwa perjalanan panjang BTN dalam membantu pemenuhan kebutuhan rumah di Indonesia menjadi sumber kekuatan untuk terus mendukung sektor perumahan dan menciptakan nilai tambah bagi perekonomian.

“BTN memiliki momentum yang sangat baik untuk terus bertumbuh pesat dan berkelanjutan setelah berkiprah selama 47 tahun dalam membantu masyarakat Indonesia menggapai mimpi mereka untuk memiliki rumah. Tentunya, banyak pelajaran yang kami petik dalam membangun ekosistem perumahan selama ini. Hal ini menjadi bekal untuk perbaikan dalam mencapai aspirasi menjadi bank penyalur KPR terbaik di Asia Tenggara,” ujar Nixon dalam siaran pers yang dilihat landbank.co.id, Minggu, 10 Desember 2023.

Halaman: 1 2

Iklan