Ini Penyebab dan Solusi Aktivasi MFA di ASN Digital BKN Gagal

Ilustrasi aktivasi MFA ASN Digital apda sistem BKN'Foto: Pixabay/fancycrave1

Jakarta, landbank.co.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia tengah mengaktifkan fitur kemanan Multi-Factor Authentication (MFA) pada sistem ASN Digital BKN.

Banyak dari ASN yang tengah mengaktifkan MFA pada sistem ASN Digital BKN mengalami error atau gagal aktivasi.

Bacaan Lainnya

Penyebab gagal aktivasi tersebut di antaranya ada masalah seperti kode OTP yang tidak valid, perangkat mengalami error, serta timeout selama proses.

Hal tersebut mengakibatkan banyak akun tidak dapat diakses dengan baik, yang pada gilirannya memperlambat layanan digital.

Sistem MFA ini diimplementasikan oleh BKN sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keamanan, namun penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Google Authenticator, ditambah dengan berbagai jenis perangkat seringkali menyebabkan kegagalan proses aktivasi.

Untuk itu, landbank.co.id, telah menyiapkan solusi dari beberapa masalah paling umum yang terjad iselama proses aktivasi MFA pada sistem ASN Digital BKN, simak di bawah ini.

1. Kode OTP Tidak Valid (Invalid Authenticator Code)

Masalah OTP tidak valid biasanya terjadi ketika pengguna mencoba memasukkan angka yang diberi oleh aplikasi autentikator, namun sistem menolak.

Penyebab dan Solusi

– Perbedaan waktu antara perangkat pengguna dan server ASN Digital
Solusi: Sinkronkan waktu perangkat, baik secara manual maupun otomatis, mengikuti zona waktu Jakarta (GMT+7)

– Kesalahan saat memindai QR code pada percobaan pertama membuat sinkronisasi OTP menjadi tidak tepat
Solusi: Hapus akun yang ada di aplikasi autentikator dan lakukan pemindaian ulang QR code dari awal

– Aplikasi autentikator mungkin tidak menghasilkan kode sesuai dengan waktu nyata server
Solusi: Pastikan aplikasi autentikator selalu diperbarui dan tidak tertutup saat proses verifikasi berlangsung

2. Kode OTP Kedaluwarsa (Expired OTP Code)

Penyebab dan Solusi

– Kode OTP hanya berlaku selama 30 detik; jika pengguna terlambat memasukkannya, maka kode tersebut otomatis dianggap tidak valid
Solusi: Selalu masukkan kode OTP segera setelah muncul di aplikasi untuk menghindari kesalahan

– Pengguna mungkin menunggu terlalu lama setelah membuka aplikasi autentikator sebelum memasukkan kode
Solusi: Jika memungkinkan, gunakan perangkat kedua untuk membuka aplikasi autentikator agar proses input lebih praktis

– Adanya gangguan pada perangkat dapat menyebabkan jeda waktu yang tidak terdeteksi
Solusi: Perhatikan waktu yang tersisa pada countdown di aplikasi sebelum melakukan input kode OTP

3. Browser Tidak Kompatibel

Penyebab dan Solusi

– Versi browser yang digunakan sudah ketinggalan zaman dan tidak mendukung fitur QR atau otentikasi OTP
Solusi: Disarankan untuk menggunakan browser terbaru seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox

– Cache pada browser terlalu penuh sehingga script tidak dapat berjalan dengan baik
Solusi: Secara rutin, bersihkan cache dan cookies pada browser Anda

– Adanya pemblokir iklan atau ekstensi lainnya yang mengganggu proses autentikasi
Solusi: Nonaktifkan semua ekstensi saat proses aktivasi MFA berlangsung

4. Akun Mengalami Timeout Selama Proses Aktivasi

Penyebab dan Solusi

– Terjadi jeda yang terlalu lama antara pemindaian QR dan pengisian OTP
Solusi: Pastikan koneksi internet Anda tetap stabil selama proses aktivasi

– Koneksi internet terputus saat proses aktivasi berlangsung
Solusi: Segera masukkan OTP setelah melakukan pemindaian QR untuk menghindari jeda waktu yang tidak perlu

– Browser melakukan refresh secara otomatis karena tidak ada aktivitas
Solusi: Hindari membuka banyak tab di browser saat melakukan proses aktivasi

(*)

Pos terkait