Landbank.co.id
Beranda Gaya Hidup Enam Tips Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Gadget, Nomor Tiga Penting Banget

Enam Tips Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Gadget, Nomor Tiga Penting Banget

Banyak pengguna gadget atau komputer yang menghabiskan waktu berjam-jam di hadapan alat elektronik itu/foto: landbank.co.id

Jakarta, landbank.co.id– Banyak pengguna gadget atau komputer yang menghabiskan waktu berjam-jam di hadapan alat elektronik itu.

Kini, para pengguna gadget tidak lagi mengenal usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Tanpa disadari, ada risiko yang mengintai para pengguna gadget bila tidak mengatur durasi secara baik.

“Rutinitas menatap gadget dalam waktu yang cukup lama setiap hari ternyata sangat melelahkan mata. Berbagai masalah pada mata seperti mata lelah, mata gatal, mata kering, hingga sakit kepala adalah keluhan yang sering didapatkan oleh pengguna gadget,” tulis Dr. Maria Magdalena Purba, SpM dikutip laman klinikmatanusantara.com .

Dia juga menulis, memaksakan mata untuk terus menatap objek dengan jarak dan posisi yang sama dapat berefek buruk pada otot mata. Apabila rutinitas ini terus menerus dilakukan tanpa diimbangi dengan upaya menjaga kesehatan mata, membuat risiko gangguan penglihatan akan semakin tinggi.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh pengguna gadget untuk menjaga kesehatan mata sehari-hari? Simak jawabannya dalam artikel ini ya!

 

1). Redupkan Cahaya Gadget

Gadget dengan cahaya yang terlalu terang membuat mata bekerja lebih keras untuk fokus pada layar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan mata Anda mudah lelah hingga efek sakit kepala.

Setelan dark mode atau mode gelap, dapat Anda gunakan untuk handphone maupun komputer. Jika gadget Anda tidak mendukung setelan dark mode, Anda dapat meredupkan tingkat kecerahan layar pada setelan medium (sedang) sehingga membuat mata lebih nyaman.

Meredupkan cahaya gadget ini juga bisa diterapkan pada Anda yang kerap membaca smartphone malam hari. Melihat layar dengan cahaya yang sangat terang sebelum tidur dapat menurunkan produksi melatonin, hormon yang memunculkan rasa kantuk.

Dengan meredupkan cahaya gadget sebelum tidur, tidak hanya membuat mata terasa nyaman, namun juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur Anda.

 

2). Gunakan Pelindung Layar Antisilau

Blue light atau sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget menyebabkan gangguan mata seperti kelelahan mata, mata kering, dan menurunnya produksi hormon melatonin.

American Optometric Association (AOA) merekomendasikan penggunaan pelindung layar antisilau bagi pengguna komputer atau handphone dengan intensitas tinggi. Pelindung layar ini memang dibuat khusus untuk membuat cahaya yang dipantulkan oleh gadget menjadi berkurang.

Baca Juga:  Jadwal dan Link Nonton BRI Liga 1 Hari Ini, PSIS Vs Madura United

 

3). Sempatkan Waktu untuk Beristirahat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa memaksakan mata untuk menatap objek yang sama dalam jangka waktu yang lama dapat membuat otot mata tegang. Untuk itu, saat Anda sedang menggunakan komputer atau gadget dalam jangka waktu yang lama, beristirahatlah secara berkala dengan cara melihat ke kejauhan.

Cobalah untuk membuat batasan setiap 20 menit menatap layar komputer, usahakan untuk menatap jauh sekitar 20 feets (6 meter)  selama 20 detik agar mata Anda berganti fokus sehingga otot mata lebih rileks.

Ketika Anda sudah berada di depan komputer selama 2 jam, sebaiknya gunakan 15 menit untuk istirahat sebentar. Menyempatkan waktu untuk mengistirahatkan mata akan membantu mata Anda tetap segar dan meminimalisir kelelahan.

 

4). Perhatikan Sudut dan Jarak Mata dengan Gadget

Ingatkah Anda sewaktu kecil, seringkali orang tua mengingatkan kita untuk tidak terlalu dekat dengan televisi saat menonton? Memang benar, salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mata adalah posisi tubuh saat menatap layar, termasuk jarak antara mata dan objek yang dilihat.

Saat Anda bekerja di depan komputer atau gadget, pastikan memiliki posisi duduk yang nyaman. Anda dapat melakukannya dengan mengatur tinggi kursi dan meja sehingga kaki dapat menjejak sempurna di lantai dan badan tegak.

Begitu pula dengan jarak, posisi komputer atau gadget direkomendasikan sekitar 50-70 cm dari mata Anda yang diukur dari tengah layar. Pastikan layar gadget Anda  cukup besar dan dengan tingkat kecerahan yang tepat.

Halaman: 1 2

Iklan