Landbank.co.id
Beranda Nasional Bukalapak (BUKA) Dongkrak Perempuan Pelaku UMKM Lewat Program Pujaan

Bukalapak (BUKA) Dongkrak Perempuan Pelaku UMKM Lewat Program Pujaan

Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie Setiadi, saat memberikan hadiah kepada juara pertama kompetisi Pujaan, Siti Asiyah, di Jakarta, Selasa, 16 Januari 2024./foto: bukalapak

Jakarta, landbank.co.id– PT Bukalapak Tbk mendongkrak kemampuan wirausaha dan permodalan perempuan pelaku UMKM lewat program Kompetisi Modal Perempuan Jagoan Pencari Cuan (Pujaan).

Manajemen Bukalapak menyebutkan bahwa tahun ini Kompetisi Modal Pujaan berfokus pada eskalasi keterampilan bisnis dan digital.

Program Pujaan besutan Bukalapak tak terlepas dari peran perempuan pelaku UMKM yang sangat penting bagi perekonomian nasional.

Mengutip survei Bank Indonesia di tahun 2022, dari sekitar 65,5 juta UMKM di Indonesia, 64,5 persen dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Pemberdayaan perempuan dalam ekonomi akan meningkatkan kapasitas perekonomian 20 persen hingga 25 persen.

“Sebagai tech-company yang memiliki misi kuat untuk mendukung UMKM, termasuk UMKM perempuan, Pujaan menjadi komitmen kami dalam memberikan dukungan dan kemudahan pada UMKM perempuan,” ujar Victor Lesmana, chief executive officer (CEO) BukaFinancial & Commerce Bukalapak dalam siaran pers yang dilihat landbank.co.id, Rabu, 17 Januari 2024.

Dalam menggulirkan Program Pujaan kali ini, emiten berkode saham BUKA itu berkolaborasi dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi).

“Pandi dan APJII sebagai mediator tentunya akan membantu adanya peningkatan UMKM perempuan ke dalam ekosistem digital,” ujar dia.

Baca Juga:  Mengenal Badan Bank Tanah di Indonesia,  Ada Peran Penyiapan Lahan untuk Permukiman

Misi ini senada dengan yang disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, saat menyampaikan sambutannya di acara awarding Pujaan di Jakarta, Selasa, 16 Januari 2024.

“Perempuan masih mengalami berbagai permasalahan yang menjadi tantangan bagi mereka. Oleh karena itu kita perlu semakin mengenali dan menggali potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh para perempuan. Dengan adanya revolusi teknologi informasi dan komunikasi akan semakin memudahkan kita semua untuk meningkatkan kapasitas, keahlian dan kemampuan perempuan, salah satunya membangun usaha ekonomi dan memperkuat jejaring ekonomi para perempuan. Untuk itu, saya berharap, kegiatan Pujaan ini menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus mengejar mimpi dan meraih kesuksesan di dunia digital,” ujarnya.

Melalui kompetisi Modal Pujaan, Bukalapak tidak hanya memberikan kesempatan bagi UMKM perempuan untuk mendapatkan akses ke permodalan, tapi juga infrastruktur teknologi dan berbagai keterampilan bisnis yang bisa menjadi modal kuat untuk membangun bisnis secara digital.

Sebelum para peserta mengirimkan proposal bisnis dalam bentuk video sebagai prasyarat Kompetisi Modal Pujaan, Bukalapak didukung oleh Pandi dan Rumahweb Indonesia memberikan pelatihan Strategi Digital Branding Untuk UMKM, Optimalisasi Media Sosial  serta  Pelatihan Pembuatan Video.

Halaman: 1 2

Iklan