Summarecon Pecahkan Rekor Penjualan Rumah 10 Tahun

Tahun 2015, PT Summarecon Agung Tbk baru membukukan penjualan rumah sekitar Rp1,35 triliun, namun pada 2024 angka itu jauh terlampaui/foto: landbank.co.id

Setiap peluncuran kota mandiri praktis berimbas terhadap nilai penjualan rumah milik Summarecon.

Perseroan yang berdiri sejak 1975 ini dikenal terus berinovasi dan melakukan ekspansi. Bahkan, ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Summarecon dengan optimistis meluncurkan Summarecon Bogor, township ketujuh Perseroan pada Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

Saat peluncuran perdana sebanyak 555 unit properti senilai Rp 1,2 triliun diserap habis oleh pasar selama dua hari pemasaran.

“Saat itu, kami melakukan penjualan secara offline dan online,” tutur Adrianto P Adhi, direktur utama PT Summarecon Agung Tbk, kala itu.

Menurut Adrianto, saat peluncuran Summarecon Bogor, berkisar 30-40 persen penjualan dilakukan lewat digital marketing. “Namun, sebagian besar terjual secara offline dari pengunjung yang datang. Ini membuktikan bahwa untuk urusan rumah masih membutuhkan kunjungan secara fisik,” papar Adrianto.

Dia mengaku, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat ketika meluncurkan produk di tengah pandemi Covid-19. “Untuk masuk show unit dilakukan secara bergilir. Kami menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” papar Adrianto.

Baca juga: Perjalanan Panjang Summarecon Bekasi Menjadi Ikon Hunian Premium dan Destinasi Bisnis di Kota Bekasi

Buahnya cukup manis. Penjualan rumah Summarecon pada 2021 tumbuh sekitar 37 persen menjadi Rp2,72 triliun dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

Pengalaman serupa terjadi ketika SMRA meluncurkan pengembangan kawasan kedelapan, yakni Summarecon Crown Gading. Township yang diluncurkan pada Oktober 2022 itu berdampak terhadap penjualan rumah Summarecon tahun 2023.

Penjualan rumah Summarecon melonjak sekitar 76 persen menjadi Rp3,06 triliun pada 2023 dibandingkan dengan tahun 2022.

Executive Director PT Summarecon Agung Tbk, Magdalena Juliati, menyatakan bahwa kesuksesan Summarecon dalam mengembangkan kawasan hunian ideal dapat dilihat dari berbagai aspek.

“Keselarasan yang utuh dari aspek kehidupan dalam satu hunian yang tertata, itulah kunci sebuah kawasan ideal. Summarecon Crown Gading memiliki semua syarat sebagai sebuah kawasan hunian ideal,” ujar Magdalena dalam keterangan resmi yang diterima landbank.co.id, Rabu, 19 Maret 2025.

Dia menjelaskan bahwa kawasan Summarecon Crown Gading memiliki kemudahan aksesibilitas yang semakin terbuka, terutama dengan akses yang semakin mudah menuju wilayah utara dan timur Jakarta.

Baca juga: Summarecon Raih Rp1 Triliun dari Penjualan Rumah, Tiga Bulan

Keunggulan lainnya adalah potensi besar kawasan ini, menjadikannya salah satu pengembangan yang paling dicari di kalangan pencari properti.

“Kawasan ini tidak hanya menyediakan hunian yang nyaman, tetapi juga kawasan yang mengedepankan sinergi antara kota modern dan alam. Ini akan menciptakan sebuah kota ‘All in One City’ yang dapat memenuhi segala kebutuhan penghuninya,” tambah Magdalena.

Setelah Summarecon Crown Gading, SMRA kembali meluncurkan pengembangan kawasan terbaru. Kali ini, pada Oktober 2024 SMRA meluncurkan Summarecon Tangerang.

Menurut Adrianto, proyek teranyar itu juga sebagai bentuk komitmennya dalam mendukung target pertumbuhan ekonomi nasional.

“Hal ini sejalan, dimana Industri Properti merupakan salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi yang dapat mendukung target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8 persen yang telah dicanangkan oleh Presiden Prabowo Subianto,” papar dia saat peluncuran Summarecon Tangerang di Tangerang, Banten, Rabu, 30 Oktober 2024.

Entah kebetulan atau tidak, usai peluncuran proyek pengembangan kawasan kesembilan di Tangerang itu Summarecon kembali mencatat pertumbuhan penjualan rumah, bahkan sangat berkilau, yakni nyaris 99 persen pada 2024.

Baca juga: Summarecon Kantongi Rp15,61 Triliun dari Penjualan Rumah, Lima Tahun

Tunggu dulu, selain bermodal produk sesuai selera pasar, Summarecon juga punya jurus ampuh dalam mendongkrak penjualan rumah yang dikemas dalam Summarecon Expo.

Misal, pada 2024. Summarecon Expo 2024 diberi tajuk “9 Cities to Explore in 1 Expo” berlangsung selama 10 hari yakni mulai 22 November sampai dengan 1 Desember 2024.

“Ini merupakan event tahunan Summarecon. Kali ini bergulir disatu tempat, beda dari tahun sebelumnya yang digelar di tiga lokasi berbeda,” ujar direktur PT Summarecon Agung Tbk, Sharif Benyamin dalam acara peluncuran Summarecon Expo 2024 di Jakarta, 26 November 2024.

Dalam pameran ini, para pengunjung bisa menyaksikan secara langsung sembilan kota terpadu yang dikembangkan Summarecon seperti, Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Bekasi, Summarecon Bandung, Summarecon Serpong, Summarecon Emerald Karawang, Summarecon Mutiara Makassar, Summarecon Bogor,Summarecon Crown Gading, dan Summarecon Tangerang.

 

(*)

Pos terkait