SCG Raup Nyaris Rp9 Triliun dari Indonesia

SCG, perusahaan regional terkemuka menyatakan bahwa pihaknya mencatat pertumbuhan pendapatan penjualan 7 persen pada semester pertama 2025/foto: scg

SCG memperkirakan paruh kedua 2025 akan penuh tantangan, dengan perekonomian ASEAN dan global terdampak oleh kebijakan tarif dari Amerika Serikat, konflik geopolitik, serta fluktuasi harga energi.

Oleh karena itu, SCG mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan daya saing bisnis dalam menghadapi tantangan tersebut, pertama, memanfaatkan keberagaman basis produksi di ASEAN atau optimisasi regional.

Bacaan Lainnya

Hal ini merupakan salah satu kekuatan utama sekaligus keunggulan kompetitif SCG. Salah satu contohnya adalah peluncuran dua batching plant baru yang berlokasi di Bandung dan Bali pada awal 2025, yang dioperasikan oleh anak perusahaan Jayamix by SCG.

Melalui anak usaha PT Kokoh Inti Arebama Tbk (SCG Distribution & Retail), SCG juga memperkenalkan enam produk mortar baru serta desain kemasan terbaru untuk SCG PCC Cement dan Mortar, guna meningkatkan pengenalan produk dan kemudahan penggunaan di lapangan.

Baca juga: Setelah Bali, SCG Masuk Bandung

Selain itu, SCG meluncurkan kampanye “Tahan Guncang, Pantang Tumbang” dengan menghadirkan entertainer populer asal Thailand, Jirayut, sebagai Brand Ambassador.
Jurus kedua SC Adalah memperluas produk “Smart Value – HVA – Green Products” untuk menembus pasar dengan pertumbuhan tinggi.

Manajemen SCG mengaku bahwa dengan mendorong Smart Value Products (SVP) dapat menjawab kebutuhan konsumen dalam kondisi ekonomi saat ini. Contohnya, “Bezt Cement” di Indonesia yang diproduksi oleh PT Semen Jawa.

Bagian lain dari jurus kedua, SCG melalui PT Berjaya Nawaplastic Indonesia memperkenalkan inovasi baru SCG Backflow Valve yang tersedia dalam ukuran 2 inci dan 4 inci, dirancang untuk sistem pembuangan limbah air yang aman dan preventif.

Masih bagian dari jurus kedua, melalui Jayamix by SCG, perusahaan berhasil meraih Sertifikasi Green Label Indonesia untuk lima produk unggulan dengan skor 91 persen dan kategori Emas.

Baca juga: Penjualan SCG di Indonesia Tembus Rp17 Triliun

Salah satu unit bisnis SCG, Mitraruma, berkolaborasi dengan PT Rimba Partikel Indonesia (RPI) menghadirkan kitchen set premium senilai sekitar Rp500 juta yang dibuat dari Melamine Faced Chipboard (MFC) ramah lingkungan menggunakan partikel kayu daur ulang. Desain ini pertama kali dipamerkan di Indo Build Tech 2025.

Kini, SCG merupakan pemimpin bisnis regional dengan lini bisnis utama Cement & Green Solutions, Smart Living, Decor, Distribution & Retail, Packaging, Chemicals, Cleanergy (Clean Energy), Logistics, dan Investment.

(*)

Pos terkait