Site icon Landbank.co.id

Mau Tambah 30 Toko, ACES Siapkan Rp300 Miliar

PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) berniat menambah berkisar 25-30 toko di berbagai wilayah Indonesia pada 2025/foto: ahi

Jakarta, landbank.co.id– PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) berniat menambah berkisar 25-30 toko di berbagai wilayah Indonesia pada 2025.

Terkait hal itu, sepanjang tahun 2025, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk yang mengusung kode saham ACES menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) berkisar Rp250-300 miliar.

“Untuk tahun 2025, Perusahaan telah menetapkan alokasi belanja modal (capital expenditure/capex) berkisar Rp250 – 300 miliar, dengan realisasi capex yang tercatat hingga akhir Maret 2025 sebesar Rp43,55 miliar,” urai manajemen PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Jumat, 2 Mei 2025.

Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, sepanjang kuartal pertama 2025, AHI membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Selain menambah toko, AHI juga terus berinovasi dengan mengusung konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan.

Saat yang sama, AHI juga terus menggulirkan kegiatan rebranding AZKO.

Baca juga: Okupansi Mal di Jakarta Sentuh 73,8 Persen

Per 31 Maret 2025, AHI memiliki 249 gerai ritel yang meliputi area Jakarta, Tangerang, Cilegon, Serang, Bekasi, Karawang, Bogor, Depok, Purwakarta, Garut, dan Cirebon.

Lalu, di Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Sukabumi, Gresik, Yogyakarta, Semarang, Kudus, Solo, Cilacap, Purwokerto, Mojokerto, Banyuwangi, Tegal, Surabaya, Malang, Jember, Kediri, Madiun, Aceh, Bali, Medan, Batam, Padang, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Selain itu, di Balikpapan, Makassar, Gorontalo, Banjarmasin, Pontianak, Manado, Maluku, Samarinda, Kupang, Lombok, Kendari, Pangkal Pinang, Riau, Magelang, Kebumen, Mataram, Tarakan, Singkawang, Bontang, Ternate, Palopo, Bangka, Parepare, Bitung, Jayapura, Sorong, dan Indramayu.

Ke depan, AHI juga terus memperkuat posisinya di industri ritel Indonesia melalui pengembangan portofolio produk dari 52 home brands yang telah dikenal dekat dengan pelanggan, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya. Perusahaan juga akan mengoptimalkan layanan omnichannel melalui aplikasi ruparupa sebagai wujud “the future of retail”, serta menghadirkan solusi kebutuhan rumah dan hidup dari A sampai Z dengan layanan komprehensif dan ide-ide kolaboratif.

Baca juga: Terus Tambah Gerai, ACES Raup Laba Bersih Rp574 Miliar

“Dengan semangat #DariSiniBisaLebih, kami berkomitmen untuk terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, serta mendorong terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan pendekatan yang adaptif dan terukur,” kata Gregory S. Widjaja, Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Jumat, 2 Mei 2025.

 

Penjualan Tumbuh

Sementara itu, berdasarkan Laporan keuangan kuartal pertama 2025, ACES mencatatkan pertumbuhan penjualan positif yang didorong oleh peluncuran merek AZKO, peningkatan aktivitas belanja selama periode Ramadan dan Lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid.

Pada kuartal pertama 2025, AHI membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp2,14 triliun.

Pencapaian ini turut ditopang oleh pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 2,2%.

Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan dari Rp204,82 miliar pada kuartal pertama 2024 menjadi Rp141,60 miliar.

Penurunan yang terjadi telah diperkirakan sebelumnya seiring dengan peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada kuartal kedua, serta kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO. Namun, jika melihat kinerja operasional di luar faktor THR, Perusahaan masih mencatatkan pertumbuhan laba operasi sekitar 4 persen.

Baca juga: AZKO Mal Living World Menandai Identitas Baru AHI

Manajemen Perusahaan tetap optimistis dapat membukukan pertumbuhan laba bersih yang positif untuk tahun penuh 2025.

Menurut Gregory, pihaknya melihat respons positif dari pelanggan terhadap peluncuran merek AZKO, yang menjadi tonggak penting setelah 30 tahun ACES melayani masyarakat Indonesia.

“Antusiasme pelanggan juga tercermin dari sambutan yang baik di setiap pembukaan toko baru di berbagai kota. Dengan strategi yang mengedepankan relevansi terhadap kebutuhan pelanggan, perluasan jangkauan, serta penguatan pengalaman belanja yang seamless dan terintegrasi, kami yakin berada di jalur yang tepat untuk terus tumbuh secara berkelanjutan,” tutur Gregory.

Dia mengatakan, di sisa sembilan bulan tahun 2025 ini, berbagai inisiatif telah ACES siapkan untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun sosial.

 

(*)

Exit mobile version