Landbank.co.id
Beranda Rumah Subsidi Pembangunan Tiga Rusun di Papua Barat Daya Ditargetkan Rampung Pertengahan 2025

Pembangunan Tiga Rusun di Papua Barat Daya Ditargetkan Rampung Pertengahan 2025

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR) menargetkan Pembangunan tiga rumah susun (rusun) di Papua Barat Daya rampung pertengahan 2025./foto: kementerian pupr

Jakarta, landbank.co.id– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR) menargetkan Pembangunan tiga rumah susun (rusun) di Papua Barat Daya rampung pertengahan 2025.

Kehadiran tiga rusun besutan Kementerian PUPR untuk aparatur lipil negara (ASN) dan TNI AL di Provinsi Papua Barat Daya itu diharapkan mampu mendorong pengembangan Infrastruktur wilayah yang menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut.

Pembangunan hunian ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Kementerian PUPR agar pelayanan publik pemerintahan Provinsi yang baru terbentuk itu dapat segera berjalan sekaligus menjadi tempat tinggal bagi para ASN dan TNI AL yang bertugas di daerah tersebut.

“Kami akan terus mendukung pengembangan Provinsi Papua Barat Daya sebagai DOB sehingga pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik. Salah satu bentuknya adalah dengan membangun Rusun untuk ASN dan TNI AL di Papua Barat Daya,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto dalam siaran pers dikutip Senin, 9 September 2024.

Pernyataan Iwan Suprijanto itu dilontarkan saat melakukan Groundbreaking Pembangunan Rusun di Papua Barat Daya, Kamis, 5 September 2024.

Menurut Iwan Suprijanto, pembangunan rusun dinilai sangat penting dan akan memberikan banyak manfaat khususnya bagi ASN yang bertugas di wilayah tersebut.

Apalagi, jelas dia, lokasinya juga tidak jauh dari kawasan perkantoran dan sesuai tata ruang wilayah yang dikembangkan oleh pemerintah provinsi.

Dia mengatakan, beberapa bentuk dukungan Kementerian PUPR ke depan tidak hanya dari bangunan vertikal untuk hunian tapi juga dalam hal penyediaan air bersih, pengelolaan sampah dan konektivitas jalan sehingga pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan baik dan terpadu.

Baca Juga:  Cerita BP3 dan Pembiayaan Perumahan Bersubsidi

“Kami berharap dengan adanya Rusun ini bisa menjadi tempat tinggal bagi ASN Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dan ASN PUPR yang bertugas di wilayah ini. Ini merupakan upaya Kementerian PUPR dalam rangka pemerataan infrastruktur di Indonesia,” tutur Iwan.

 

Kapasitas Rusun

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua II,  Ridwan Dibya Sudharta menerangkan, ada tiga rusun yang dibangun sebagai dukungan pembangunan infrastruktur perumahan pada DOB Provinsi Papua Barat Daya.

Pertama adalah Pembangunan Rusun ASN Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya yang berlokasi di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi PBD Jalan Sorong Klamono KM 16 Distrik Klaurung, Kota Sorong.

“Lahan yang disediakan oleh Pemda seluas dua hektare disiapkan untuk dua tower sedangkan untuk tahap pertama akan dibangun satu tower rusun,” kata dia.

Halaman: 1 2

Iklan