Jakarta, landbank.co.id-PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) terus memperluas jangkauan dengan cara menambah 278 toko pada 2024.
Hingga akhir 2024, jumlah total jaringan ritel PT Erajaya Swasembada Tbk mencapai 2.194 toko yang tersebar di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
Kondisi itu juga didukung oleh 77 pusat distribusi milik PT Erajaya Swasembada Tbk yang telah mendistribusikan ke lebih dari 54.000 gerai ritel pihak ketiga.
Penambahan jumlah toko pada 2024 diiringi dengan peningkatan penjualan bersih perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 2011 ini.
Manajemen emiten berkode saham ERAA ini mengaku bahwa penjualan bersih tercatat sebesar Rp65,3 triliun atau meningkat 8,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp60,1 triliun.
Baca juga: Daftar Smartphone Xiaomi Terbaik 2025: Seri 13 Masuk Unggulan Tahun Ini?
Lalu, sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 12,8 persen menjadi Rp7,2 triliun, dengan margin laba kotor sebesar 11,2 persen.
Laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 25,0 persen menjadi Rp1,03 triliun.
“Kami berhasil menjaga momentum positif yang sudah tercapai pada periode sebelumnya, yang didorong oleh fokus strategis kami untuk mengembangkan seluruh portofolio merek yang dimiliki oleh Perseroan,” tutur Hasan Aula, wakil direktur utama PT Erajaya Swasembada Tbk dikutip Kamis, 27 Maret 2025.
Selain itu, tambah dia, pihaknya secara proaktif memanfaatkan momentum musiman, seperti liburan Natal dan akhir tahun, untuk menawarkan berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Saat ini, segmen cellular phones & tablet masih menjadi kontributor terbesar terhadap penjualan bersih, dengan kontribusi sebesar 80,3 persen.
Sebagai bagian dari strategi pengembangan vertikal di luar handset, Perseroan juga mencatatkan pertumbuhan yang signifikan di segmen aksesori dan lainnya, yang tumbuh 23,0 persen dan berkontribusi 13,1 persen terhadap penjualan bersih.
Di sisi lain, pada 2024, Perseroan melalui anak usahanya berhasil menambahkan beberapa merek baru yang strategis ke dalam portofolio bisnis, termasuk di antaranya Curry Up dan Bacha Coffee di segmen Erajaya Food & Nourishment.
Selain itu, XPENG yang menandai ekspansi Perseroan ke industry smart EV, serta Under Armour, sebuah merek ritel apparel olahraga melalui vertikal Erajaya Active Lifestyle.
(*)