Jakarta, landbank.co.id- MORA Group, perusahaan manajemen hospitality melebarkan sayap ke Balikpapan, Kalimantan Timur dengan menggandeng PT Tang Bersaudara Aset.
Kedua pihak bersepakat untuk menghadirkan hotel bintang empat bertajuk HEMORA Balikpapan yang akan dikelola oleh MORA Group.
“Balikpapan adalah salah satu kota kunci di Indonesia dengan potensi ekonomi luar biasa,” kata Andhy Irawan, Founder & CEO MORA Group kepada landbank.co.id, Kamis, 22 Mei 2025.
Dia menerangkan, kehadiran HEMORA Balikpapan adalah bukti keseriusan pihaknya untuk membangun hotel dengan karakter yang kuat, modern, dan tetap menghadirkan pengalaman emosional khas HEMORA.
Langkah awal, MORA Group dan PT Tang Bersaudara Aset meneken nota kesepahaman Bersama (memorandum of understanding/MoU), di Surabaya, Kamis, 22 Mei 2025.
Penandatanganan MoU dilakukan oleh Andhy Irawan, direktur Utama PT Mercusuar Bersama Indonesia dan Westary Lim, direktur utama PT Tang Bersaudara Aset.
Baca juga: Saat Perusahaan Jepang Lirik Pasar Hotel di Indonesia
“Kami memilih MORA Group sebagai mitra pengembangan HEMORA Balikpapan karena kami percaya pada kepemimpinan dan rekam jejak Bapak Andhy Irawan di industri manajemen perhotelan,” tutur Westary Lim.
Dia menambahkan, pengalaman Andhy yang luas memberi keyakinan bahwa proyek ini berada di tangan yang tepat.
“Selain itu, saya pribadi sangat terkesan dengan brand-brand yang dikembangkan MORA Group, terutama MORAZEN yang dikemas dengan sangat elegan dan berkelas—ini menunjukkan standar kualitas yang ingin kami hadirkan pula di Balikpapan,” kata Westary.
HEMORA Balikpapan akan menjadi hotel HEMORA kedua setelah HEMORA Lereng Senja Ciwidey, sekaligus menjadi unit hotel ketujuh yang dikelola oleh MORA Group di seluruh Indonesia.
HEMORA Balikpapan dirancang sebagai hotel bintang empat dengan jumlah akomodasi sebanyak 125 kamar serta ditunjang dengan fasilitas lima ruang pertemuan, all-day-dining restaurant, lounge, recreation area dan kolam renang.
Hotel ini mengusung konsep modern yang mengedepankan desain kontemporer, koneksi emosional antar tamu, serta layanan yang hangat dan personal.
Baca juga: Sejenak Berkenalan dengan Hotel Lamora Kota Lama Surabaya
Lokasinya yang strategis di kota Balikpapan menjadikannya pilihan ideal bagi wisatawan, pelaku bisnis, dan profesional, terlebih dengan potensi kawasan tersebut yang terus berkembang seiring pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).
Menurut Hengky Tambayong, director of Operation and Revenue MORA Group, unit HEMORA akan menjadi benchmark keberhasilan brand ini dalam menjawab kebutuhan pasar.
“Kami melihat bahwa HEMORA Balikpapan akan menjadi hotel yang tidak hanya menarik dari sisi operasional dan revenue, tetapi juga berpotensi menjadi ikon hospitality baru di kawasan Kalimantan Timur,” ujarnya.
Usai ditandatanganinya MoU, proyek HEMORA Balikpapan akan segera memasuki fase pengembangan konstruksi, dengan target operasional pada 2026.
“Kami targetkan beroperasi pada semester kedua tahun 2026,” ujar Andhy kepada landbank.co.id.
Dia menambahkan, saat tahun pertama beroperasi, pihaknya menargetkan tingkat hunian rata-rata (okupansi) HEMORA Balikpapan di angka 60 persen.
“Segmen yang kami bidik adalah kalangan korporasi dan pemerintah (corporate dan government), sedangkan target okupansi tahun pertama sebesar 60 persen,” tutur Andhy.
Sebagai bagian dari rencana jangka menengah, MORA Group yang berdiri sejak 31 Juli 2024 tersebut, saat ini, menjajaki potensi pengembangan hotel bersama mitra-mitra strategis di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bali, dan Malang, dengan pendekatan selektif terhadap pemilik properti yang memiliki visi jangka panjang dalam industri hospitality.
Baca juga: Bisnis Hotel SSIA Pecahkan Rekor, Raup Rp943,4 Miliar
MORA Group adalah perusahaan manajemen hospitality, konsultasi properti, dan technical assistance yang resmi diluncurkan pada 31 Juli 2024 di bawah kepemimpinan Andhy Irawan.
Kelompok usaha ini mengelola berbagai brand hotel dengan konsep berbeda, termasuk MORAZEN di Surabaya dan Yogyakarta, hotel bintang empat yang berfokus pada elegant luxury.
Lalu, Lamora dengan konsep economic plus, HEMORA yang modern minimalis, serta brand moslem-friendly seperti Royal Qin, Grand Qin, dan Qin Hotel di Banjarbaru.
Selain itu, MORA Group juga memperluas jangkauan globalnya melalui kemitraan dengan Select Hotel Group di Jepang, menghadirkan layanan berstandar internasional dan pengalaman berkesan bagi setiap tamu.
(*)