Mengintip Fenomena Ritel Semi Terbuka, Colliers: Aset Meningkat

Gerai premium yang merupakan varian permanen dari model ritel semi terbuka tipikal penyewanya fokus lebih dominan pada merek fesyen/foto: landbank.co.id

Berdasarkan pengamatan tim Colliers Indonesia Research and Retail Services, ruang ritel gaya hidup semi terbuka didominasi oleh penyewa khusus di sektor F&B, fesyen, dan gaya hidup. Kategori-kategori ini sangat efektif untuk menarik minat pengunjung.

Ruang ritel gaya hidup semi terbuka di Jakarta biasanya berfungsi sebagai tempat pertemuan dan nongkrong, sedangkan di luar Jakarta sering dikunjungi untuk bersantai.

Bacaan Lainnya

Selain itu, maraknya gerai premium—varian permanen dari model semi-outdoor—menegaskan kemampuan adaptasi format tersebut.

Gerai-gerai ini berbeda dalam komposisi penyewa, dengan fokus yang lebih dominan pada merek fesyen kelas atas daripada F&B, sehingga menarik segmen konsumen yang berbeda.

Mengutip riset Colliers Indonesia, deretan semi-outdoor retail yang ada di Jakarta mencakup Chillax, One Satrio, SCBD Park, MBloc, Urban Forest, The Amboja, dan By The Sea.

Lalu, di Tangerang ada The Breeze, The Quantis Club, Hamptons Square, Eastvara BSD City, dan The Barn, sedangkan di Bogor ada Markt Lane Sentul.

Baca juga: Bisnis Mal Summarecon Tetap Perkasa, Raih Rp1,63 Triliun

Lalu, untuk premium factory outlets terdapat Jakarta Premium Outlet (Tangerang), The Grand Outlet (Karawang) dan Summarecon Villagio Outlets (Karawang).

Di sisi lain, pada kuartal pertama 2025, tingkat okupansi pusat ritel di Jakarta sebesar 73,8 persen, sedangkan di Bodetabek 70,7 persen.

 

(*)

Pos terkait