Landbank.co.id
Beranda Residensial Konsumen Kian Getol Beli Rumah Pakai KPR

Konsumen Kian Getol Beli Rumah Pakai KPR

Jenis pembiayaan yang menjadi pilihan utama responden dalam membeli rumah primer adalah skema kredit pemilikan rumah (KPR)/landbank.co.id

Jakarta, landbank.co.id- Jenis pembiayaan yang menjadi pilihan utama responden dalam membeli rumah primer adalah skema kredit pemilikan rumah (KPR).

Mengutip Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (SHPR BI) triwulan kedua 2023, pangsa pasar skema KPR sangat dominan dalam pembelian rumah primer.

“Dari sisi konsumen, jenis pembiayaan utama pembelian properti residensial berasal dari fasilitas KPR dengan pangsa sebesar 76,02%,” urai Erwin Haryono, direktur eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam siaran pers SHPR BI di laman bi.go.id yang dilihat landbank.co.id, Kamis, 17 Agustus 2023.

Bila dibandingkan dengan periode sama 2022, pemanfaatan KPR tahun 2023 ternyata lebih tinggi.

Baca Juga:  Tawarkan Konsep Cross Ventilation Design, Excelia Banjar Wijaya Dibanderol Rp1,4 Miliar

Maklum, pada triwulan II/2022, pangsa pasar skema pembiayaan KPR sebesar 74,97% dari total pembiayaan.

Kembali ke SHPR BI triwulan kedua 2023. Skema pembiayaan lain yang dimanfaatkan konsumen dalam membeli rumah adalah tunai bertahap (17,25%) dan secara tunai (6,73%).

Pada triwulan II/2023, masih mengutip SHPR BI, pertumbuhan total nilai kredit KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA) secara tahunan tercatat sebesar 10,54% (year on year/yoy), meningkat dari 7,25% (yoy) pada triwulan sebelumnya.

Secara triwulanan, penyaluran KPR dan KPA juga meningkat sebesar 2,44% (quarter to quarter/qtq), lebih tinggi dibanding triwulan I/2023 yang tumbuh 1,68% (qtq).

Halaman: 1 2

Iklan