Klaster Calamus Bungkus Presales Rp358 Miliar

Rumah tapak Klaster Calamus membungkus prapenjualan (presales) sebanyak 184 unit dengan nilai sekitar Rp358 miliar dalam rentang Januari-Maret 2025/foto: citragardenbintaro.com

Jakarta, landbank.co.id– Rumah tapak Klaster Calamus membungkus prapenjualan (presales) sebanyak 184 unit dengan nilai sekitar Rp358 miliar dalam rentang Januari-Maret 2025.

Klaster Calamus yang merupakan bagian dari proyek CitraGarden Bintaro menjadi penyumbang terbesar raihan presales PT Ciputra Development Tbk (CTRA) di lini rumah tapak pada kuartal pertama 2025.

Bacaan Lainnya

Mengingat pada tiga bulan pertama 2025 presales PT Ciputra Development Tbk dari rumah tapak sebesar Rp719 miliar, hal itu membuat porsi Klaster Calamus setara sekitar 50 persen.

Keperkasaan CitraGarden Bintaro sudah terlihat sejak 2024. Ketika itu, proyek tersebut menyumbang pendapatan Rp807,30 miliar terhadap total pendapatan PT Ciputra Development Tbk tahun 2024 yang mengusung kode saham CTRA di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu.

Proyek tersebut dikembangkan oleh Joint Operation Citra Anugerah Bintang, yakni hasil kerja sama anak usaha PT Ciputra Development Tbk, yakni PT Citra Mitra Pesona dengan PT Bintang Langit Cemerlang.

Mengutip laman CitraGarden Bintaro, Klaster Calamus dirancang dengan konsep tropis modern, mengutamakan kenyamanan serta keindahan tropis di lingkungannya.

Baca juga: Land Bank Ciputra Lampaui 2.000 Hektare

“Dengan suasana asri dan pemandangan hijau yang menyegarkan, cluster ini menawarkan ketenangan bagi keluarga yang mendambakan lingkungan hidup harmonis di tengah kesibukan kota,” dilansir laman itu.

Selain mendulang presales dari CitraGarden Bintaro, pada kuartal pertama 2025, Ciputra juga punya sumber pemasukan lain.

Salah satunya dari Klaster Gavius Garden House di proyek CitraGarden Serpong. Per akhir Maret 2025, klaster ini menyetor presales atau marketing sales senilai Rp103 miliar.

Klaster Gavius Garden House sepanjang triwulan pertama 2025 berhasil membungkus penjualan sebanyak 67 rumah.

Di urutan ketiga, penyumbang presales CTRA terbesar datang dari Klaster Dempsey Hill tahap kedua di Citraland Surabaya, yakni Rp75 miliar dari penjualan 26 rumah.

Sisanya, yakni Rp183 miliar atau sebanyak 108 rumah datang dari proyek-proyek lain yang dikembangkan oleh Ciputra.

Baca juga: Simak Jurus Ciputra Meraih Marketing Sales Rp11 Triliun

Pada 2025, total proyek yang dikembangkan oleh Ciputra lebih dari 89 yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

 

Target 2025

Sementara itu, pada 2025, target prapenjualan Ciputra bertengger di angka Rp11 triliun, relatif stagnan dibandingkan dengan setahun sebelumnya yang sekitar Rp11,17 triliun.

Pos terkait