Landbank.co.id
Beranda Komersial Daftar Lengkap Proyek Hotel Berbintang di IKN dan Para Pengembangnya

Daftar Lengkap Proyek Hotel Berbintang di IKN dan Para Pengembangnya

Pemerintah terus menggulirkan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Tampak Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Hotel Nusantara di IKN, Rabu, 20 Desember 2023/foto: setkab.go.id

Jakarta, landbank.co.id– Pemerintah terus menggulirkan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain membangun gedung pemerintahan, jalan, bendungan, dan sejumlah infrastruktur lainnya, sejumlah pengusaha swasta tengah membangun proyek properti, termasuk hotel di IKN.

Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) setidaknya telah melaksanakan tiga kali prosesi peletakan batu pertama (ground breaking) di IKN.

“Presiden sudah melakukan ground breaking beberapa proyek sektor parekraf, terutama untuk sektor akomodasi di IKN,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, dalam siaran pers yang dilihat landbank.co.id, Jumat, 12 Januari 2024.

Adapun proyek-proyek tersebut, kata Menparekraf Sandiaga, di antaranya adalah pembangunan Hotel Nusantara oleh Konsorsium Nusantara dengan nilai investasi Rp20 triliun. (daftar lengkap di halaman dua)

Ground breaking ini telah dilakukan pada 21 September 2023 dan target operasinya pada Agustus 2024,” katanya.

Baca Juga:  Ini Daftar Proyek Infrastruktur dan Properti dalam Ground Breaking Tahap Ketiga IKN

Lalu, ada pula ground breaking pembangunan Hotel Vasanta oleh PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group) yang dilakukan pada 23 September 2023.

Kemudian, PT Pakuwon Jati melalui entitas PT Pakuwon Nusantara Abadi pada 1 November 2023 melaksanakan ground breaking pembangunan proyek superblok berupa pusat perbelanjaan, kondominium dan tiga hotel dengan nama area Pakuwon Nusantara dengan total investasi sekitar Rp5 triliun.

Pembangunan ini, kata Sandiaga, bekerja sama dengan Marriott Group sebagai operator melalui brand The Westin, Four Points, dan Tribute Portofolio.

“Selanjutnya juga ada BSH Community Hub berupa hotel dan restoran oleh PT Karya BSH Mandiri yang ground breaking-nya 21 Desember 2023,” tutur Sandiaga.

Tidak hanya itu, tambah dia, PT ARCS House Wisata Indonesia juga akan membangun hotel dan resort dengan brand Jambuluwuk di kawasan IKN.

Halaman: 1 2

Iklan