Jakarta, landbank.co.id – Pelaku industri properti menyebut muncul tren yang menarik, generasi muda, terutama Gen Z, mulai aktif memasuki pasar hunian menengah ke atas di tengah gejolak ekonomi dan inflasi.
Menurut Sales & Marketing Division Head Alam Sutera Wikhen Rusli, mengutip laporan Indonesia Property Watch, permintaan hunian di kisaran Rp1–2 miliar meningkat 18 persen pada kuartal pertama 2025, dengan sebagian besar peminat datang dari kelompok usia 25–35 tahun.
“Gaya hidup yang mengutamakan kenyamanan, aksesibilitas, serta kebutuhan akan ruang multifungsi tampaknya menjadi alasan utama di balik tren ini,” ujar dia dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 31 Mei 2025.
Fenomena tersebut, lanjutnya, terasa nyata di kawasan Alam Sutera 2, Tangerang, Banten yang mana dua klaster pertama di super klaster Sutera Rasuna mencatatkan penjualan hingga 1.000 unit dalam waktu relatif singkat sejak akhir 2024.
“Sebuah pencapaian yang tak hanya mencerminkan kekuatan daya beli, tapi juga perubahan preferensi dalam memilih tempat tinggal,” papar dia dikutip dari Antara.
Mengikuti tingginya permintaan pasar, Rusli menambahkan, pihaknya memperkenalkan klaster ketiga bertajuk VOLA dengan target utama di kalangan generasi milenial dan Gen Z.
“Respons dari dua klaster sebelumnya membuat kami yakin bahwa pola konsumsi hunian sedang berubah. Kami melihat generasi muda hari ini tidak hanya mencari rumah, tapi tempat tinggal yang bisa mendukung gaya hidup mereka secara menyeluruh,” ujarnya.
Dia menambahkan, lebih dari sekadar tren sementara, meningkatnya minat Gen Z terhadap hunian berkualitas mencerminkan perubahan nilai dalam memandang rumah bukan hanya sebagai aset, tetapi sebagai ruang hidup yang mendukung produktivitas, keseimbangan, dan kebebasan berekspresi.
“Di tengah tantangan ekonomi global, generasi muda justru menunjukkan optimisme baru: memilih untuk menetap, berinvestasi, dan membangun kualitas hidup sejak dini,” tutur dia.
Sebagaimana diberitakan landbank.co.id Alam Sutera Realty menggulirkan proyek anyar, Alam Sutera 2 di atas lahan seluas 450 hektare (ha).
Proyek terbaru emiten properti berkode saham ASRI itu terletak di utara Alam Sutera pertama di Tangerang, Banten.
Jaraknya yang sepelemparan batu (tidak terjalu jauh) memungkin kedua proyek kawasan mandiri milik PT Alam Sutera Realty Tbk itu menjadi incaran calon konsumen.
Saat kali pertama diperkenalkan, Alam Sutera 2 menyodorkan super klaster Sutera Rasuna. Peluncuran resmi klaster itu dibarengi dengan dengan acara Grand Product Knowledge Sutera Rasuna by Alam Sutera di Sutera Hall – Mall Alam Sutera, Tangerang Rabu, 23 Oktober 2024.
Dalam acara ini Alam Sutera Group juga memperkenalkan cluster kedua dari Sutera Rasuna by Alam Sutera yaitu KOZA.