Landbank.co.id
Beranda Nasional Berkenalan dengan Mobil Maung Garuda yang Jarang Diketahui Orang

Berkenalan dengan Mobil Maung Garuda yang Jarang Diketahui Orang

Mobil Maung Garuda berwarna putih membawa Presiden RI Prabowo Subianto menuju Istana Negara dari Gedung DPR/MPR RI, Minggu, 20 Oktober 2024/foto: capture youtube sekretariat presiden

Jakarta, landbank.co.id– Penampakan kendaraan atau mobil Maung Garuda berwarna putih menyita perhatian publik ketika iring-iringan Presiden RI Prabowo Subianto menuju Istana Negara usai pelantikan dari Gedung DPR/MPR RI, Minggu, 20 Oktober 2024.

Bahkan, Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto nampak berdiri di atas mobil Maung Garuda dan menyapa warga saat melintas di Jl Sudirman, JL MH Thamrin hingga ke Istana Negara.

Hal serupa dilakukan oleh Joko Widodo (Jokowi), Presiden RI ke-7 saat menuju Bandara Halim Perdana Kusuma dari Istana Negara dengan memakai Maung Garuda.

Mobil Maung Garuda tidak sendirian. Kendaraan VVIP itu dikawal oleh kendaraan lain yang juga berwarna putih serta Paspampres bersepeda motor maupun polisi militer bersepeda motor.

Lantas, seperti apakah spesifikasi mobil Maung Garuda tersebut?

Mari kita simak sejenak.

Maung Garuda berwarna putih atau MV3 Garuda Limousine merupakan produksi badan usaha milik negara (BUMN) PT Pindad.

Lazimnya kendaraan Presiden, mobil ini didesain antipeluru dan memberi kenyamanan serta keamanan maksimal bagi Kepala Negara.

Baca Juga:  Link Nonton Pelantikan Presiden Republik Indonesia Prabowo-Gibran

Maung didesain untuk memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

“Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya,” dilansir Antara.

Mobil berkapasitas empat penumpang ini memiliki bobot 2.160 Kg yang dapat dimodifikasi untuk berbagai keperluan. Namun, Maung yang dipakai Prabowo ini telah dimodifikasi bergaya Eropa dengan velg chrome. Di bagian belakang, terdapat logo “GARUDA”.

Sementara itu, mengutip laman pindad.com, Maung MV3 merupakan kendaraan taktis ringan 4×4 produksi PT Pindad yang diinisiasi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Kendaraan ini ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat dengan kemampuan manuver yang gesit dalam segala medan. Menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, Maung mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

Halaman: 1 2

Iklan