Sentuh Tanahku Permudah Urus Sertipikat Tanah, Masyarakat Kini Tak Perlu Antre Lama di BPN

Aplikasi Sentuh Tanahku dari ATR/BPN permudah pengurusan sertipikat tanah. Kini masyarakat bisa antre online dan pantau progres.

Jakarta, landbank.co.id – Transformasi digital pelayanan publik terus dilakukan pemerintah. Salah satunya melalui aplikasi Sentuh Tanahku dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang kini mempermudah masyarakat dalam mengurus sertipikat tanah tanpa perlu antre lama di kantor pertanahan.

Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa memantau progres pengurusan sertipikat tanah langsung melalui smartphone, tanpa harus datang ke loket pelayanan Kantor Pertanahan.

Bacaan Lainnya

Salah satu pemohon di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Karawang, Indri, mengaku merasakan langsung kemudahan dari penggunaan aplikasi Sentuh Tanahku, terutama melalui fitur Antrian Online yang dinilainya sangat efisien.

“Saya merasakan kemudahan. Ini sudah dua kali saya mengurus sertipikat pakai Antrian Online. Kalau dulu kita seperti gambling — datang dari pagi belum tentu cepat dilayani. Sekarang bisa tahu pasti jam berapa giliran kita,” ujar Indri, Selasa (29/10/2025).

Indri datang ke kantor BPN untuk mengurus peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik atas rumah toko miliknya.

Ia mengaku, fitur digital ini memungkinkannya menyesuaikan waktu kedatangan tanpa harus menunggu lama di lokasi.

“Sekarang enak, bisa lihat jadwal antrean di aplikasi. Jadi waktu lebih efisien,” tambahnya.

Meski sempat kesulitan pada awal penggunaan, Indri menilai antarmuka aplikasi Sentuh Tanahku mudah dipahami, bahkan bagi masyarakat awam.

“Kalau awalnya bingung, saya tanya anak. Tapi ternyata gampang setelah dicoba,” katanya sambil menunjukkan tampilan aplikasi di ponselnya.

Ia pun menyayangkan masih banyak masyarakat yang belum mencoba fitur tersebut.

“Sebenarnya mereka belum coba saja. Kalau sudah, pasti merasakan kemudahannya. Banyak yang masih pilih datang langsung ambil nomor antrean, padahal lewat aplikasi lebih praktis,” ujarnya.

Fitur Antrian Online tidak hanya mempermudah pemohon seperti Indri, tetapi juga membantu petugas meningkatkan ketertiban, efisiensi, dan transparansi layanan di kantor pertanahan.

Kementerian ATR/BPN berharap, ke depan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan digital seperti Sentuh Tanahku agar proses pengurusan tanah lebih cepat, transparan, dan nyaman.

“Sekarang pelayanan BPN sudah bagus menurut saya. Sudah jauh lebih baik dari dulu-dulu,” pungkas Indri.

(*)

Pos terkait