Jakarta, landbank.co.id– Vacances (s) Pte. Ltd. (Club Med) baru saja menandatangani nota kesepahaman Bersama (MoU) dengan PT Indonesian Paradise Property Tbk (Paradise Indonesia) di Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.
Kerja sama Club Med dengan Paradise Indonesia akan melahirkan lebih dari lima proyek resor di Tanah Air.
“Fase pertama terdiri atas tiga resor yang akan dikembangkan dalam lima tahun mendatang di Sulawesi Utara, Bali, dan Jawa Barat,” kata Anthony Prabowo Susilo, presiden direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Paradise Indonesia dalam siaran pers yang dilihat landbank.co.id, Minggu, 27 Agustus 2023.
Lantas, seperti apakah sepak terjang Club Med di Indonesia selama ini?
Club Med telah beroperasi di 40 negara di seluruh dunia dan hampir 70 resor premium dan eksklusif. Perusahaan ini juga merupakan perintis konsep all-inclusive premium dengan pengalaman selama 73 tahun, menawarkan pengalaman liburan luar biasa di lokasi istimewa, termasuk di koleksi eksklusif yang menawarkan ruang-ruang khas Club Med paling bergengsi, resor, vila mewah, dan chale untuk pengalaman yang berbeda, serta kapal pesiar legendaris asal Prancis, Club Med 2.
Selama hampir 40 tahun, Club Med telah mendamping Indonesia dalam perkembangan pariwisatanya yang luar biasa.
Hingga saat ini, Club Med mengoperasikan dua resor di Indonesia yaitu Club Med Bali sejak tahun 1984, operator resor pertama yang menginjakkan kaki di proyek Nusa Dua yang dipimpin oleh ITDC, sebelumnya dikenal sebagai BTDC. Lalu, Club Med Bintan sejak tahun 1997.
“Selama hampir 40 tahun sejak pembukaan Resort Club Med pertama di Bali, Club Med telah membentuk kehadiran yang harmonis dan terintegrasi dengan baik untuk mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia,” kata Club Med President, Henri Giscard d’Estaing.
Dia mengatakan, Indonesia terus menjadi fokus utama bagi Club Med, yang diproyeksikan menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat pada tahun 2030.
“Pada tahun menjelang pandemi, jumlah klien Indonesia kami tumbuh lebih dari 6 kali lipat dibanding tahun sebelumnya, dan hari ini, pertumbuhannya masih berlanjut. Ini menunjukkan permintaan yang kuat dan berakselerasi untuk resor all-inclusive Club Med serta meningkatnya minat untuk liburan di luar negeri, termasuk ke resor-resor kami di Eropa dan Amerika,” ujarnya.
Menurut dia, kerja sama strategis ini dengan Paradise Indonesia menggabungkan sinergi merek, keahlian, dan inovasi dari kedua Perusahaan.
“Dan, selaras dengan misi kami untuk terus memberikan pengalaman luar biasa bagi pelanggan kami, berkontribusi pada jangkauan internasional destinasi menarik Indonesia ini, berkat posisi kami sebagai leader premium all-inclusive space,” tutur Henri Giscard d’Estaing.
Dalam ekspansi bisnis global selanjutnya untuk tahun 2023 hingga 2025, Club Med akan membuka 17 resor baru termasuk perluasan atau renovasi 10 resor yang sudah ada.
(*)