Penjualan Apartemen Alam Sutera Realty Berkibar

Dalam rentang lima tahun terakhir, puncak penjualan apartemen PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) terjadi pada 2022, yakni sebanyak 427 unit/foto: landbank.co.id

Kesimpulan terhadap perilaku konsumen di pasar Jakarta itu lahir merujuk kepada temuan Colliers Indonesia dalam rentang tahun 2022 hingga 2024.

Menurut Ferry Salanto, head of Research Colliers Indonesia, dominannya pilihan konsumen kepada produk sudah jadi merupakan dampak hadirnya insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) sejak tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Insentif itu memungkinkan konsumen mendapat diskon berkisar 50-100 persen tergantung periode waktu.

Syarat utama, untuk mendapat insentif itu adalah produk yang dibeli harus sudah jadi dan siap huni dengan harga hingga Rp2 miliar.

Pada 2020, sebesar 77 persen apartemen yang dibeli oleh konsumen adalah produk dalam tahap konstruksi, sedangkan 23 persen produk existing.

Baca juga: Rumah dan Ruko Masih Andalan Alam Sutera Realty

Situasi berubah ketika hadir insentif PPN DTP pada 2021. Ketika itu, produk existing membesar, yakni menjadi 49 persen, sedangkan under construction menjadi 51 persen.

Komposisi terus berubah dimana produk sudah jadi kian membesar porsinya. Pada 2024, komposisinya adalah 66 persen produk sudah jadi dan 34 persen produk dalam pembangunan.

“Jumlah unit apartemen yang sudah beroperasi namun belum terjual  relatif sedikit dibandingkan jumlah apartemen under construction,” kata Ferry Salanto.

 

(*)

Pos terkait