Landbank.co.id
Beranda Komersial Mengintip Harga Lahan Terbaru di Kawasan Industri Jabodetabek

Mengintip Harga Lahan Terbaru di Kawasan Industri Jabodetabek

Colliers Indonesia menyebutkan bahwa konsistennya penjualan dan terbatasnya tanah membuat harga lahan kawasan industri di Jabodetabek naik/landbank.co.id

Jakarta, landbank.co.id– Colliers Indonesia menyebutkan bahwa konsistennya penjualan dan terbatasnya jumlah tanah membuat harga lahan kawasan industri di Jabodetabek terus meningkat.

Saat ini, tulis Colliers Indonesia dalam risetnya, harga lahan di kawasan industri Bekasi, Jawa Barat berkisar Rp3,00–3,25 juta per meter persegi (m2).

Lalu, masih mengutip riset Colliers Indonesia, harga lahan di Karawang, Jawa Barat berkisar Rp2,25–3,00 juta/m2.

Sementara itu, harga lahan kawasan industri di Serang, Banten di rentang Rp 2,00–2,30 juta/m2.

“Namun karena keterbatasan lahan yang tersedia, ditambah dengan permintaan dan persaingan yang ketat, harga jual tanah telah disesuaikan dan hampir setara kawasan industri yang relatif lebih baru,” ujar Ferry Salanto, head of research Colliers Indonesia dalam riset yang dilihat landbank.co.id, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga:  Ekspatriat Diharuskan Bayar Sewa Rumah Dimuka Dua Tahun, Tertinggi US$15 Ribu per Bulan

Sementara itu, harga lahan kawasan industri baru di Purwakarta dan Subang menawarkan harga jual yang lebih bersaing, yakni berkisar Rp1,65–2,25 juta/m2.

Penetapan harga ini dipengaruhi oleh lokasi mereka lebih jauh dari infrastruktur transportasi utama, penyewa yang relatif lebih rendah, dan pembangunan esensial berkelanjutan fasilitas transportasi seperti pelabuhan dan jalan tol.

Selama semester pertama 2023, empat kawasan industri memperkenalkan skema harga baru, dengan mencatatkan kenaikan harga tanah berkisar 5% hingga 10%.

Halaman: 1 2

Iklan