Jakarta, landbank.co.id– Super Apps BTN Mobile besutan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) ternyata bisa untuk pembayaran layanan perawatan rumah (maintenance).
Manajemen PT Bank Tabungan Negara Tbk menyebutkan, untuk tahap awal, layanan itu ditujukan untuk service AC.
Layanan itu masuk dalam fitur Home Service dan KAI. Ini merupakan dua fitur baru yang disematkan pada kategori “Lifestyle” di BTN Mobile.
Dalam fitur itu selain mempermudah pemesanan dan pembayaran layanan maintenance rumah, juga dapat dimanfaatkan untuk pemesanan dan pembayaran tiket Kereta Api, tanpa perlu membuka aplikasi lain.
Menurut Andi Nirwoto, direktur IT & Digital Bank BTN, fitur Home Service bekerja sama dengan third party yaitu Sejasa guna meningkatkan layanan digital yang semakin komprehensif dalam konteks ekosistem rumah, untuk nasabah setia BTN.
Kedua fitur tadi merupakan bagian dari empat fitur yang disiapkan di dalam BTN Mobile guna menyambut tahun baru 2024.
Keempat fitur tersebut yaitu BTN Kita, Home Service dan KAI pada fitur Lifestyle, serta menu terkait tagihan auto-debit nasabah yaitu Transaksi BulananKu.
“Latar belakang peluncuran keempat fitur tersebut adalah dinamika kebutuhan masyarakat yang menginginkan layanan yang mudah dan cepat serta terintegrasi dengan aplikasi mobile bankingnya. Sehingga segala kebutuhan dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi outlet atau Kantor Cabang terdekat,” ujar Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, dalam siaran pers yang dilihat landbank.co.id, Senin, 25 Desember 2023.
Menurut Andi, pihaknya memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan Top Up Kredit ataupun pengajuan pinjaman dana segar (fresh fund) melalui fitur BTN Kita.
“Sebelum melakukan pengajuan, nasabah juga akan mendapatkan Pre-Approval. Fitur BTN Kita hadir agar masyarakat dapat dengan mudah memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan yang mana semua proses nya bisa dilakukan hanya dengan aplikasi BTN Mobile,” kata Andi.
Adapun pada halaman detail penawaran BTN Kita, nasabah akan mendapatkan informasi plafon kredit, suku bunga, angsuran dan jangka waktu kredit. Apabila pengajuan disetujui, nasabah akan mendapat notifikasi bahwa pengajuan BTN Kita telah dicairkan ke rekening nasabah.
Andi menjelaskan bahwa hingga bulan Desember ini, jumlah transaksi BTN mobile sudah melonjak di atas 142% secara yoy, sementara volume transaksi juga meningkat hingga 53% yoy. “Event yang kami selenggarakan, program akuisisi nasabah baru, serta program-program promo yang kami gelar, terbilang sukses mendongkrak nasabah dan user experience nasabah terhadap BTN Mobile,” ujar Andi.
Tahun 2024, Andi mengaku, akan lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi dan pemasaran produk Bank lewat BTN Mobile. “Ke depan, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur baru, seperti penjualan produk investasi, fitur transaksi Remittance Internasional, dan fitur-fitur lain guna memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia, khususnya untuk memperkuat digital ekosistem perumahan BTN,” ujar Andi.
(*)