Landbank.co.id
Beranda Komersial Kawasan Industri Hijau Indonesia Ramai Peminat, Nilai Investasi US$132 Miliar

Kawasan Industri Hijau Indonesia Ramai Peminat, Nilai Investasi US$132 Miliar

Kawasan Industri Hijau Indonesia, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) dinilai ramai peminat. Nilai investasi ditaksi US$132 miliar/foto: landbank.co.id

Jakarta, landbank.co.id– Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI), Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) dinilai kebanjiran peminat. Nilai investasi di proyek ini ditaksir US$132 miliar.

Peresmian groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning, Bulungan, Kalimantan Utara dilakukan 21 Desember 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

“Saat ini banyak tenant atau investor yang akan mengisi KIHI (Kawasan Industri Hijau Indonesia), dan salah satunya akan memproduksi aluminium ingot 500 ribu ton per tahun pada 2025 nanti,” kata Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, di Tanjung Selor, dikutip Antara, Kamis, 7 September 2023.

Zainal A Paliwang menyatakan, pengelola KIHI tengah melakukan berbagai kegiatan di lapangan, antara lain pematangan lahan, mobilisasi peralatan, bahkan ada yang mulai tahap konstruksi.

Baca Juga:  Vinfast Raih 500 Pesanan dalam IIMS 2024

KIHI Tanah Kuning merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan target luas pengembangan mencapai 30.000 hektare. Terdapat tiga perusahaan pengelola KIHI.

Investasi yang akan difasilitasi di kawasan industri ini, antara lain pemurnian dan pengolahan mineral, pergudangan, properti, perdagangan, dan komersial.

Tahap awal, lahan yang dimanfaatkan untuk pengembangan kawasan industri ini seluas 10.100 hektare dengan pasokan listrik dari PLTA Mentarang Induk (Malinau) yang tengah tahap persiapan konstruksi oleh perusahaan konsorsium Indonesia dan Malaysia.

PSN KIHI Tanah Kuning dibangun dengan nilai investasi US$132 miliar. Cakupannya adalah pabrik petrokimia yang diproyeksikan menjadi pabrik petrokimia terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 4×16 juta ton per tahun.

Halaman: 1 2

Iklan