Ini Lima Prioritas Utama yang Dicari Konsumen Perkotaan
Jakarta, landbank.co.id–Peningkatan kelas menengah di wilayah metropolitan terbesar di Asia Pasifik akan mendukung ekonomi berbasis pengalaman (experience economy) yang menggabungkan desain human-centric dan ruang berbasis komunitas.
Menurut 2024 Global Consumer Experience Survey dari JLL, konsumen di Asia Pasifik akan menuntut pengalaman berkualitas lebih tinggi dari lingkungan yang dibangun, didukung oleh desain yang mengutamakan pengguna dan mempromosikan komunitas serta hubungan antarpengguna.
JLL melihat lima prioritas utama yang dicari oleh konsumen di kawasan perkotaan Asia Pasifik, yaitu menciptakan area destinasi dan mengintegrasikan pengalaman antarberbagai properti.
Lalu, menghubungkan aspek fisik dan digital, menerapkan desain yang human-centric, dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna.
Selain itu, analisis JLL menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen bersedia membayar lebih untuk mendapatkan pengalaman berkualitas.
Memenuhi kebutuhan akan koneksi dan komunitas ini dapat menjadi kunci kesuksesan pengembangan properti pada masa depan.
“Setiap diskusi yang menyangkut upaya menciptakan pengalaman yang human-centric harus dimulai dengan pemahaman bagaimana orang-orang menghabiskan waktu mereka dan apa yang ingin mereka capai dalam sehari. Desain ruang harus mencerminkan realitas ini dan menempatkan orientasi pengguna sebagai inti dari setiap kebutuhan ruang bagi suatu organisasi. Memahami manusia selalu menjadi langkah pertama, diikuti dengan desain yang dirancang untuk momen-momen berarti,” kata Emmy-Lou Quirke, head of People Experience, Consulting, Asia Pacific, JLL dalam keterangan tertulis dikutip Kamis, 14 November 2024.
Menurut JLL, di seluruh wilayah Asia Pasifik, peningkatan kesejahteraan digitalisasi, dan teknologi mendorong permintaan akan nilai lebih dari pengalaman offline, dan lingkungan perkotaan akan dituntut untuk beradaptasi.
Berdasarkan pandangan responden yang disurvei oleh JLL, 76% setuju bahwa kota-kota perlu menawarkan pengalaman baru untuk tetap relevan, dengan 84 persen dari responden yang merupakan generasi Milenial dan Gen Z mendukungnya.
Selain itu, mayoritas responden dari berbagai generasi dan wilayah menganggap pengalaman sebagai faktor yang penting dalam memilih tempat dan cara mereka menghabiskan waktu luang serta keputusan pembelian, mulai dari keinginan untuk bepergian ke tempat baru, mencari pengalaman kota yang unik, hingga memprioritaskan aktivitas secara langsung.
Para responden juga menyatakan bahwa mereka bersedia membayar lebih untuk kualitas ini, terutama di kalangan Milenial (80 persen).
Secara bersamaan, mengintegrasikan solusi digital ke dalam pengalaman langsung menawarkan peluang untuk meningkatkan tempat dan ruang sebagai tujuan pilihan.