Ini Alasan Toyota Singapura Beli ADMO Rp2 Triliun

Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA) membeli 40 persen saham di PT Astra Digital Mobil (ADMO) sebesar US$120 juta atau sekitar Rp2 triliun/foto: astra

Jakarta, landbank.co.id– Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA) membeli 40 persen saham di PT Astra Digital Mobil (ADMO) sebesar US$120 juta atau sekitar Rp2 triliun.

Manajemen PT Astra International Tbk (ASII) menyebutkan bahwa transaksi TMA itu dilakukan melalui pembelian saham baru dan saham existing.

Bacaan Lainnya

Setelah transaksi ini terjadi, Astra melalui PT Astra Digital Internasional (ADI) tetap memiliki kontrol atas ADMO dengan kepemilikan saham sebesar 60 persen.

Pembelian saham itu memperkuat kemitraan strategis Astra dan Toyota sekaligus memperluas kolaborasi di bisnis mobil bekas (used car) di Indonesia melalui kemitraan di PT Astra Digital Mobil (ADMO).

ADMO memiliki OLX.co.id dan OLXmobbi, melalui anak perusahaannya.

OLX.co.id merupakan salah satu platform iklan baris digital terbesar untuk jual beli barang bekas dan jasa di Indonesia.

Baca juga: Bos Astra Beberkan Soal Strategi Akuisisi

OLXmobbi merupakan bisnis mobil bekas yang menggunakan model online-to-offline, yang memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia.

“Kami secara terus menerus melakukan optimalisasi terhadap bisnis inti kami dan sekaligus aktif berinvestasi pada bisnis yang memiliki skala yang dapat ditingkatkan dan peluang pertumbuhan yang tinggi,” kata Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro, Selasa, 6 Mei 2025.

Dia menerangkan, pasar mobil bekas di Indonesia sebagian besar masih terfragmentasi, sehingga memiliki potensi besar untuk menciptakan nilai dalam skala yang juga besar.

“Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk berinovasi, memberikan aksesibilitas dan solusi mobilitas terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” tutur Djony Bunarto Tjondro.

Deputy Chief Executive Officer Toyota Motor Asia Hao Quoc Tien mengatakan, Astra merupakan mitra terpercaya dan mitra lama TMA, dan pihaknya senang dapat memperluas kolaborasi lebih jauh melalui kemitraan ini.

“Toyota memiliki visi “Mobility for All”, bisnis mobil bekas dan mobilitas memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan dalam mewujudkan visi kami,” kata dia.

Baca juga: Astra Dukung Paviliun Indonesia di Expo 2025 Osaka

Menurut dia, pihaknya yakin dapat melanjutkan komitmen yang sudah dijalankan selama lebih dari 50 tahun untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui kemitraan ini.

​​Kolaborasi ini menambah tonggak sejarah dalam kemitraan yang terus berlanjut antara Astra dan Toyota.

Pos terkait