Pada Maret 2024, optimisme responden terhadap penghasilan saat ini terpantau meningkat pada seluruh kelompok pengeluaran.
Peningkatan tertinggi terjadi pada responden dengan pengeluaran Rp4,1-5 juta.
Berdasarkan kelompok usia, peningkatan indeks tertinggi terjadi pada responden dengan kelompok usia 41-50 tahun.
Selanjutnya, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini juga terindikasi meningkat. Indeks tertinggi tercatat pada responden dengan tingkat pendidikan Sarjana.
Berdasarkan kelompok usia, seluruh kelompok usia berada pada zona optimistis.
Sementara itu, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods juga terpantau meningkat terutama pada responden dengan pengeluaran Rp3,1-4 juta.
Berdasarkan kelompok usia, peningkatan Indeks Pembelian Durable Goods terutama terjadi pada kelompok usia 41-50 tahun.
(*)