Landbank.co.id
Beranda Residensial Harga Menjadi Faktor Utama dalam Pemilihan Hunian

Harga Menjadi Faktor Utama dalam Pemilihan Hunian

Perusahaan teknologi properti Lamudi Indonesia menyatakan bahwa soal harga menjadi faktor utama dalam konsumen memilih hunian mereka/foto: pupr

Jakarta, landbank.co.id– Lamudi Indonesia menyatakan bahwa soal harga menjadi faktor utama dalam konsumen memilih hunian mereka.

Pernyataan Lamudi Indonesia itu merujuk kepada tingginya minat terhadap properti di kisaran harga terjangkau yang terekam oleh platform digital milik perusahaan teknologi properti (PropTech) terbesar di Indonesia itu.

Pada November 2023, Lamudi Indonesia mencatat bahwa pencarian rumah tapak dengan kisaran harga Rp200 juta hingga Rp600 juta merupakan harga terpopuler dengan 33% dari total pencarian.

Kemudian, apartemen dengan kisaran harga Rp600 juta hingga Rp1,6 miliar merupakan harga yang kerap dicari saat ini atau 29,5% dari total pencarian apartemen.

“Banyak dari pencari apartemen yang merupakan pemilik properti pertama kali yang mengedepankan faktor lokasi sebagai penentu, di mana apartemen memiliki fungsi sebagai tempat singgah dibanding tempat tinggal. Platform kami melihat bahwa apartemen dengan ukuran rata-rata kurang dari 35m2 atau sebesar studio menjadi preferensi saat ini,” jelas Chief Executive Officer (CEO) Lamudi Indonesia Mart Polman dalam siaran pers yang dilihat landbank.co.id, Senin, 1 Januari 2024.

Baca Juga:  Infrastruktur dan PPN DTP Kerek Rumah Tapak Sekunder di Tangerang dan Jakarta

Tingginya minat terhadap properti di kisaran harga terjangkau, menunjukkan bahwa harga menjadi faktor utama dalam pemilihan rumah tapak maupun apartemen.

Harga yang biasa ditemukan pada daerah pinggiran Jakarta seperti Bekasi yang mencatatkan 15,8% dari total pencarian, diikuti oleh Tangerang dengan 13,3%, dan Bogor dengan 12,8%, pada November di platform Lamudi Indonesia.

“Kami mengantisipasi kenaikan pencarian pada lokasi-lokasi di luar Jakarta selama insentif ini berjalan. Kami akan bekerja sama dengan mitra developer serta agen properti dalam membuka potensi pada daerah tersebut untuk memastikan pencari properti mendapatkan informasi terlengkap dari setiap daerah,” jelas Mart.

Halaman: 1 2

Iklan