Dari Maya Resort & Spa Sanur Bergaung Wisata Berkualitas

Indonesia memiliki potensi yang sangat kuat untuk menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di tingkat global/foto: kemenpar

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata periode 2014–2019, Arief Yahya, menekankan pentingnya peran branding dalam pengembangan pariwisata nasional.

Branding itu investasi. Misalnya, jika nilai brand kita naik 10 persen, maka pertumbuhan sektor pariwisata bisa meningkat 11 persen. Jadi, branding ‘Wonderful Indonesia’ sejatinya adalah bentuk investasi strategis bagi sektor ini,” ujar Arief.

Bacaan Lainnya

Acara ITMW turut dihadiri oleh Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kemenpar, Firnandi Gufron, serta Founder dan Chairman MarkPlus Corp, Hermawan Kartajaya.

 

Kunjungan Wisman

Sementara itu, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang Januari-Agustus 2025 dibandingkan periode yang sama 2024 tumbuh 10,38 persen.

Baca juga: KEK Sanur Perkuat Wisata Kesehatan Indonesia

Bahkan, Menpar Widiyanti menjelaskan, jumlah kunjungan wisman itu merupakan yang tertinggi sejak pandemi Covid-19.

Menpar Widiyanti menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisman periode Januari–Agustus 2025 mencapai 10,04 juta kunjungan.

“Capaian ini menandai rekor tertinggi periode Januari-Agustus kunjungan wisatawan mancanegara sejak pandemi Covid-19 dan menunjukkan arah pemulihan pariwisata Indonesia berada di jalur yang benar,” kata Menteri Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis, 9 Oktober 2025.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2024 yang mencatat 9,09 juta kunjungan, terjadi peningkatan sebesar 10,38 persen.

Baca juga: Wisman Meningkat, Menpar: Rawat Pariwisata Indonesia

Dia menjelaskan, untuk Agustus 2025, kunjungan wisman naik dari 1,34 juta menjadi 1,51 juta, tumbuh 12,33 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

 

(*)

Pos terkait