Site icon Landbank.co.id

Berkenalan dengan Smart Room, Bisa Perintah Pakai Suara

Kini, personalisasi layanan dan pemanfaatan teknologi, termasuk menghadirkan kamar pintar (smart room), dinilai menjadi sebuah tren global dalam bisnis penginapan/foto: archipelago

Jakarta, landbank.co.id– Kini, personalisasi layanan dan pemanfaatan teknologi, termasuk menghadirkan kamar pintar (smart room), dinilai menjadi sebuah tren global dalam bisnis penginapan.

Kombinasi pemanfaatan teknologi maju yang memanfaatkan layanan internet plus layanan prima dinilai menjadi salah satu inovasi penting dalam membangun kenyamanan smart room.

Salah satu yang mengusung smart room dalam melayani para tamu adalah jaringan operator hotel, Archipelago.

Archipelago mengaku terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan inovasi layanan perhotelan terkini melalui konsep kamar pintar baru yang menggabungkan teknologi canggih dengan kenyamanan dan kepraktisan untuk meningkatkan pengalaman menginap setiap tamu.

Baca juga: Aston Emidary Warnai Bisnis Hotel di Bangka Belitung

Tersedia di sejumlah hotel pilihan Archipelago di Indonesia, inisiatif ini menandai langkah progresif perusahaan dalam menghadirkan pengalaman menginap yang lebih personal, efisien, dan sesuai dengan gaya hidup masa kini yang kian modern.

“Di tengah dunia yang terus bergerak cepat, tamu menginginkan layanan yang intuitif dan mudah diakses. Smart room kami memberikan pengalaman menginap yang tidak hanya nyaman, tetapi juga adaptif terhadap kebutuhan tamu,” ujar John Flood, chief executive officer (CEO) Archipelago dikutip Kamis, 10 Juli 2025.

 

Satu Sentuhan

Konsep kamar pintar besutan Archipelago dirancang untuk memberikan keleluasaan penuh bagi tamu dalam mengatur suasana dan fungsi kamar mereka, dengan berbagai fitur yang saling terintegrasi:

 

  1. Google Nest Hub

Perangkat pintar ini memungkinkan tamu untuk mengontrol berbagai aspek kamar hanya dengan melalui perintah suara.

Baca juga: Daftar Hotel Archipelago Berfasilitas Pengisi Daya Mobil Listrik

Mulai dari menyalakan atau meredupkan lampu, memutar musik, mengatur alarm, hingga meminta informasi tentang layanan hotel, semua bisa dilakukan secara hands-free.

Teknologi ini juga mendukung koneksi langsung dengan staf hotel untuk kebutuhan tambahan tanpa perlu mengangkat telepon.

 

  1. Smart TV

Pengalaman hiburan tamu menjadi lebih maksimal dengan Smart TV yang terhubung ke berbagai platform digital. Tamu dapat menonton acara favorit di layanan streaming, menjelajahi konten online, atau menghubungkan perangkat pribadi untuk tampilan yang lebih personal, semuanya dengan kualitas gambar yang jernih dan suara yang imersif.

  1. Wi-Fi Berkecepatan Tinggi

Koneksi internet yang cepat dan stabil kini menjadi kebutuhan utama dalam setiap perjalanan. Oleh karena itu, setiap kamar pintar dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi yang andal untuk mendukung produktivitas, kebutuhan komunikasi, atau sekadar bersantai sambil menonton video favorit.

 

Hotel Berkamar Pintar

Saat ini, inisiatif smart room telah tersedia dan dapat digunakan kapan saja oleh tamu yang menginap di hotel-hotel tertentu di bawah naungan Archipelago.

Pemesanan smart room dapat dilakukan langsung melalui situs resmi hotel, maupun dengan menghubungi hotel terkait secara langsung.

Baca juga: Archipelago Gandeng PKFARE Terobos Global

Berikut adalah hotel dengan fasilitas smart room di Archipelago:

Aston Anyer Beach Hotel

Aston Serang Hotel & Convention Center

Aston Cilegon Boutique Hotel

Aston Makassar Hotel & Convention Center

Harper Malioboro Yogyakarta

Baca juga: Klaster Elyon Dibanderol Rp7 Miliar, Smart Home Tiga Lantai

Hotel dengan fasilitas Google Nest:

Harper Kupang

Aston Palu Hotel & Conference Center

Aston Inn Jemursari

The Alana Hotel Malang

Harper Malioboro Yogyakarta

Grand Aston Puncak Hotel & Resort

Aston Batam Hotel & Residence

Aston Emidary Bangka Hotel & Conference Center

Aston Inn Lumajang

Quest Vibe Dewi Sri

Aston Bintaro Hotel & Conference Center

 

Lebih dari sekadar fasilitas tambahan, kehadiran smart room mencerminkan filosofi Archipelago dalam merancang layanan perhotelan yang berorientasi pada masa depan—memadukan kenyamanan, efisiensi, dan kemudahan akses. Inisiatif ini juga sejalan dengan tren global dimana personalisasi layanan dan pemanfaatan teknologi menjadi kunci utama dalam menciptakan loyalitas tamu.

(*)

Exit mobile version