Jakarta, landbank.co.id– Kini, personalisasi layanan dan pemanfaatan teknologi, termasuk menghadirkan kamar pintar (smart room), dinilai menjadi sebuah tren global dalam bisnis penginapan.
Kombinasi pemanfaatan teknologi maju yang memanfaatkan layanan internet plus layanan prima dinilai menjadi salah satu inovasi penting dalam membangun kenyamanan smart room.
Salah satu yang mengusung smart room dalam melayani para tamu adalah jaringan operator hotel, Archipelago.
Archipelago mengaku terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan inovasi layanan perhotelan terkini melalui konsep kamar pintar baru yang menggabungkan teknologi canggih dengan kenyamanan dan kepraktisan untuk meningkatkan pengalaman menginap setiap tamu.
Baca juga: Aston Emidary Warnai Bisnis Hotel di Bangka Belitung
Tersedia di sejumlah hotel pilihan Archipelago di Indonesia, inisiatif ini menandai langkah progresif perusahaan dalam menghadirkan pengalaman menginap yang lebih personal, efisien, dan sesuai dengan gaya hidup masa kini yang kian modern.
“Di tengah dunia yang terus bergerak cepat, tamu menginginkan layanan yang intuitif dan mudah diakses. Smart room kami memberikan pengalaman menginap yang tidak hanya nyaman, tetapi juga adaptif terhadap kebutuhan tamu,” ujar John Flood, chief executive officer (CEO) Archipelago dikutip Kamis, 10 Juli 2025.
Satu Sentuhan
Konsep kamar pintar besutan Archipelago dirancang untuk memberikan keleluasaan penuh bagi tamu dalam mengatur suasana dan fungsi kamar mereka, dengan berbagai fitur yang saling terintegrasi:
- Google Nest Hub
Perangkat pintar ini memungkinkan tamu untuk mengontrol berbagai aspek kamar hanya dengan melalui perintah suara.
Baca juga: Daftar Hotel Archipelago Berfasilitas Pengisi Daya Mobil Listrik
Mulai dari menyalakan atau meredupkan lampu, memutar musik, mengatur alarm, hingga meminta informasi tentang layanan hotel, semua bisa dilakukan secara hands-free.
Teknologi ini juga mendukung koneksi langsung dengan staf hotel untuk kebutuhan tambahan tanpa perlu mengangkat telepon.
- Smart TV
Pengalaman hiburan tamu menjadi lebih maksimal dengan Smart TV yang terhubung ke berbagai platform digital. Tamu dapat menonton acara favorit di layanan streaming, menjelajahi konten online, atau menghubungkan perangkat pribadi untuk tampilan yang lebih personal, semuanya dengan kualitas gambar yang jernih dan suara yang imersif.
- Wi-Fi Berkecepatan Tinggi
Koneksi internet yang cepat dan stabil kini menjadi kebutuhan utama dalam setiap perjalanan. Oleh karena itu, setiap kamar pintar dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi yang andal untuk mendukung produktivitas, kebutuhan komunikasi, atau sekadar bersantai sambil menonton video favorit.
Hotel Berkamar Pintar
Saat ini, inisiatif smart room telah tersedia dan dapat digunakan kapan saja oleh tamu yang menginap di hotel-hotel tertentu di bawah naungan Archipelago.
Pemesanan smart room dapat dilakukan langsung melalui situs resmi hotel, maupun dengan menghubungi hotel terkait secara langsung.
Baca juga: Archipelago Gandeng PKFARE Terobos Global
Berikut adalah hotel dengan fasilitas smart room di Archipelago:
Aston Anyer Beach Hotel
Aston Serang Hotel & Convention Center
Aston Cilegon Boutique Hotel
Aston Makassar Hotel & Convention Center
Harper Malioboro Yogyakarta
Baca juga: Klaster Elyon Dibanderol Rp7 Miliar, Smart Home Tiga Lantai
Hotel dengan fasilitas Google Nest:
Harper Kupang
Aston Palu Hotel & Conference Center
Aston Inn Jemursari
The Alana Hotel Malang
Harper Malioboro Yogyakarta
Grand Aston Puncak Hotel & Resort
Aston Batam Hotel & Residence
Aston Emidary Bangka Hotel & Conference Center
Aston Inn Lumajang
Quest Vibe Dewi Sri
Aston Bintaro Hotel & Conference Center
Lebih dari sekadar fasilitas tambahan, kehadiran smart room mencerminkan filosofi Archipelago dalam merancang layanan perhotelan yang berorientasi pada masa depan—memadukan kenyamanan, efisiensi, dan kemudahan akses. Inisiatif ini juga sejalan dengan tren global dimana personalisasi layanan dan pemanfaatan teknologi menjadi kunci utama dalam menciptakan loyalitas tamu.
(*)