Jakarta, landbank.co.id– Archipelago menggandeng Xendit untuk menghadirkan solusi pembayaran digital jaringan hotel Archipelago di Indonesia.
Terkait kerja sama itu, jelas Chris Legaspi, chief commercial officer (CCO) Archipelago, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman tamu dan mendukung para mitra hotel melalui solusi teknologi yang terintegrasi dan efisien.
Menurut Chris, pembayaran digital kini menjadi bagian penting dalam dunia perhotelan, dengan semakin banyak tamu yang memesan secara online dan menginginkan metode pembayaran yang fleksibel dan nyaman.
“Kolaborasi dengan Xendit memungkinkan kami menyederhanakan transaksi di seluruh portofolio hotel kami, baik di Indonesia maupun di kawasan lainnya, sambil meningkatkan efisiensi operasional dan kenyamanan bagi tamu,” kata Chris Selasa, 21 Oktober 2025.
Baca juga: Archipelago Tingkatkan Layanan Hotel di Banjarbaru
Peresmian kerja sama Archipelago dengan Xendit diselenggarakan dalam ajang ITB Asia 2025 di Singapura, salah satu pameran pariwisata dan perhotelan terbesar di Asia Tenggara.
“Kemitraan ini mencerminkan fokus kami terhadap inovasi dan memperkuat posisi kami untuk pertumbuhan jangka panjang di industri perjalanan Asia Tenggara yang terus berkembang,” tutur Chris.
Melalui kerja sama ini, hotel-hotel di bawah naungan Archipelago — termasuk merek-merek ternama seperti Aston, Alana, Harper, Quest, dan fave — kini dapat menawarkan proses pembayaran yang lebih cepat, efisien, dan bebas hambatan, baik untuk pemesanan kamar maupun layanan hotel lainnya.
Dengan integrasi sistem pembayaran Xendit, para tamu dapat melakukan pembayaran melalui metode pilihan mereka — mulai dari rekening virtual, dompet digital, kartu, hingga QRIS — dengan konfirmasi instan dan tingkat keandalan tinggi.
Baca juga: Archipelago Gandeng PKFARE Terobos Global
Hingga saat ini, Xendit telah memproses pembayaran digital untuk lebih dari 100 properti Archipelago di seluruh Indonesia, menyederhanakan operasional hotel dan menciptakan pengalaman tamu yang konsisten di seluruh jaringan.
Keunggulan Layanan
Seiring dengan terus berkembangnya industri perhotelan di Indonesia sejalan dengan meningkatnya adopsi digital, kolaborasi ini menunjukkan bagaimana grup hotel ternama memanfaatkan inovasi fintech untuk tetap unggul dalam persaingan.
Lewat pemanfaatan layanan pembayaran Xendit yang fleksibel dan dapat disesuaikan skala kebutuhannya, Archipelago dapat mengelola transaksi secara efisien di seluruh ekosistem hotelnya, mempercepat proses rekonsiliasi, serta memastikan kepatuhan terhadap standar pembayaran lokal.
“Kemitraan ini menunjukkan bagaimana pembayaran digital telah menjadi bagian penting dalam menciptakan layanan perhotelan yang unggul,” ujar Mikiko Steven, managing director Xendit Indonesia.
Dia menambahkan, saat ini, hotel tidak hanya menjual kamar, melainkan memberikan pengalaman menyeluruh kepada tamu.
“Melalui Xendit, kami membantu Archipelago mengintegrasikan sistem pembayaran mereka, mengurangi kerumitan operasional, dan memberikan pengalaman pembayaran terbaik bagi setiap tamu. Bersama-sama, kami ingin menetapkan standar baru dalam perhotelan digital di Indonesia,” papar Mikiko.
Baca juga: Lewat Perhotelan, Archipelago Perkuat Kerja Sama Indonesia Kuba
Kemitraan ini tidak hanya memperkuat komitmen kedua perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, tetapi juga membuka jalan bagi inovasi berkelanjutan di sektor perhotelan regional.
Seiring meningkatnya mobilitas wisatawan di Asia Tenggara, Archipelago dan Xendit siap mendefinisikan kembali bagaimana teknologi dapat menghadirkan pengalaman tamu yang lebih baik dan efisiensi operasional yang lebih tinggi di masa depan.
Saat ini, Archipelago merupakan grup perhotelan swasta terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 45.000 kamar dan residence di lebih dari 300 hotel.
Hotel itu tersebar di seluruh Asia Tenggara, Amerika Latin, Karibia, Timur Tengah, dan Oseania.
Baca juga: Archipelago Gandeng Bakuun
Archipelago adalah perusahaan hotel terpercaya dengan rekam jejak panjang dan portofolio dari 13 merek pemenang penghargaan termasuk Aston, Alana, Huxley, Kamuela, Avanika, Harper, Quest Hotels, Four Corners, Neo, fave, Nordic, Powered by Archipelago, dan Aston Collection.
(*)

