Angka ini juga naik sekitar 7 persen dibandingkan kunjungan pada periode yang sama tahun 2024 sebesar 441.162. Fakta ini menegaskan bahwa Bali masih tetap menjadi destinasi favorit wisman Australia.
Plt. Direktur Utama Indonesia Airasia, Captain Achmad Sadikin Abdurachman, meyakini setiap penerbangan Indonesia AirAsia tidak hanya membawa penumpang tetapi juga semangat kolaborasi serta ragam potensi. Termasuk mendorong pertukaran budaya, kerja sama ekonomi, dan pengembangan pariwisata dua arah.
Dia memproyeksikan pembukaan rute Adelaide-Denpasar akan menyumbang lebih dari 74 ribu wisatawan Australia setiap tahunnya.
Selain menjadi tujuan wisata utama, Bali memainkan peran penting sebagai pusat konektivitas regional dalam jaringan penerbangan AirAsia dengan kemudahan penerbangan lanjutan ke destinasi lain di Indonesia.
Baca juga: Pariwisata Bali Bangkit, Pendapatan Paradise Indonesia Melejit
“Kami dengan bangga menghadirkan penerbangan pertama Indonesia AirAsia dari Bali ke Adelaide. Selain menawarkan akses langsung ke Bali yang senantiasa menjadi destinasi favorit, layanan baru ini juga memperluas pilihan bagi para penumpang yang mencari koneksi terjangkau ke lebih dari 130 destinasi dalam jaringan AirAsia di seluruh Asia dan sekitarnya,” katanya.
Hal senada disampaikan Managing Director Adelaide Airport, Brenton Cox, yang mengungkapkan masyarakat Australia Selatan lebih banyak terbang ke Bali dibandingkan destinasi internasional lainnya.
“Bali merupakan tujuan internasional terbesar sekaligus paling cepat pertumbuhannya bagi kami. Kehadiran Indonesia Airasia akan memberikan lebih banyak pilihan bagi para wisatawan, sekaligus menjadi maskapai berbiaya hemat berbasis Asia pertama yang melayani rute langsung dari Adelaide sejak 2015,” ujarnya.
Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara II, Yulia, menjelaskan, Kementerian Pariwisata akan terus melakukan dan memaksimalkan promosi di pasar Australia termasuk Adelaide melalui berbagai kanal promosi. Termasuk berkolaborasi dengan Airasia untuk mempromosikan rute ini melalui paket-paket wisata menarik, penawaran khusus, serta joint promotion.
Baca juga: Nyaris 14 Juta Wisman Sambangi Indonesia
Sejalan dengan hal itu, Kemenpar juga sedang berfokus kepada program Pariwisata Naik Kelas dalam mengembangkan segmen luxury tourism, wellness, marine dan gastronomi, sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan sektor pariwisata nasional.
“Peningkatan jumlah penerbangan dan pembukaan rute-rute baru adalah kunci untuk mencapai target pariwisata kita. Kami berharap Indonesia Airasia dapat terus memperluas jaringannya dan menghadirkan lebih banyak pilihan rute bagi wisatawan Australia untuk berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia,” kata Yulia.
(*)